Chatib Menteri Keuangan, Indeks Saham Cetak Rekor

Penulis:

Editor:

21/5/2013, 11.11 WIB

Oleh karena itu atas dasar pengalaman dan dedikasinya saya memandang Chatib cakap untuk menjadi menkeu tutur Presiden

bursa saham
Agung Samosir|KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi menunjuk Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan. Penunjukkan Chatib menggantikan Agus Martowardojo direspons positif oleh pelaku pasar.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Presiden SBY di kantor presiden, Senin, 20 Mei 2013. Menurut SBY Chatib memiliki kompetensi dan pengalaman sebagai menteri keuangan. Chatib pernah menjadi staf khusus di Kementerian Keuangan dan menjadi perwakilan pejabat dalam pertemuan-pertemuan internasional. "Oleh karena itu, atas dasar pengalaman dan dedikasinya, saya memandang Chatib cakap untuk menjadi menkeu," tutur Presiden.

Menurut SBY, Chatib merupakan ekonom dengan pengalaman dan penugasan yang luas. Selama lebih kurang satu tahun sebagai Kepala BKPM, Chatib berhasil membuat investasi Indonesia tumbuh signifikan di saat negara lain merosot.

SBY memberikan tiga tugas Menteri Keuangan yaitu, pertama menjaga kebijakan fiskal yang prudent. Kedua, memberikan dukungan kebijakan agar investasi terus meningkat. Ketiga, mendorong investasi untuk menciptakan lapangan kerja yang luas agar ekonomi tetap terjaga. Selain itu inflasi bisa dikelola di tengah ekonomi global. Prioritas utama Chatib sebagai menteri keuangan adalah mengawal RAPBN-P 2013 dan RAPBN 2014.

Pengumuman Chatib sebagai Menkeu itu disambut pasar. Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah. Pada perdagangan 20 Mei 2013, IHSG ditutup di level 5.214 setelah naik 69,29 poin (1,35 persen). Rekor ini menandai level psikologis baru yaitu 5.200 setelah rekor sebelumnya tercipta Jumat akhir pekan lalu di level 5.145,68 setelah naik 67 poin (1,32 persen).

Sepuluh sektor industri di bursa kecuali sektor tambang berhasil menguat. Saham-saham lapis dua memimpin penguatan, terutama di sektor industri dasar dan aneka industri.

Chief Economist at PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Destri Damayanti menilai Chatib merupakan salah satu yang tepat untuk memimpin Lapangan Banteng. Chatib memiliki kredibilitas dan integritas yang baik. Pengalamannya di pemerintahan cukup menjadi modal menjadi Menkeu. ?Chatib bisa cepat fokus mengurus anggaran dengan waktu pemerintah yang tinggal 1,5 tahun lagi,? ujar Destry dalam sebuah press briefing di Bank Mandiri.

Reporter: Nur Farida Ahniar

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan