PLN Terbitkan Obligasi Rp 12 Triliun

Penulis:

Editor:

22/5/2013, 11.12 WIB

PT Perusahaan Listrik Negara PLN akan menerbitkan obligasi senilai Rp 12 triliun di pasar domestik pada semester II2013

dollar-us-utang-luar-negeri-indonesia.jpg
Donang Wahyu|KATADATA
KATADATA

KATADATA ? PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 12 triliun di pasar domestik pada semester II-2013. Rencana penerbitan obligasi itu telah disampaikan kepada Kementerian BUMN dan masuk rencana bisnis PLN tahun ini.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN, Wahyu Hidayat optimistis obligasi PLN akan diserap oleh pasar domestik. Pasalnya, permintaan pasar terhadap obligasi rupiah masih tinggi. Penerbitan obligasi domestik PLN ini sejalan dengan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengimbau perusahaan Tanah Air untuk mengurangi pinjaman luar negeri.

Selain PLN, sebanyak 10 BUMN juga akan menerbitkan obligasi. Pertamina tercatat sebagai BUMN dengan nilai penerbitan obligasi terbesar. Pertamina memperoleh dana US$ 3,25 miliar atau sekitar Rp 31,5 triliun dari penjualan obligasi global. Selain Pertamina, Pegadaian menerbitkan obligasi sebesar Rp 7 triliun, Antam sebesar 1 triliun (domestik) dan obligasi global US$ 820 juta, Garuda Indonesia sebesar 2 triliun dan BTN sebesar 2 triliun. Adapun total nilai penerbitan obligasi 11 BUMN mencapai Rp 67,2 triliun.

Presiden Director Country Head Fitch Ratings Indonesia Baradita Katoppo pernah mengatakan penerbitan obligasi global masih sangat diminati. Ini terlihat dari beberapa emisi yang diterbitkan dan mendapat sambutan positif dari investor global. Anggapan imbal hasil (yield) Indonesia yang masih menarik menjadi pemikat tersendiri bagi investor. Menurut Baradita, likuiditas global yang berlimpah memicu dana-dana dari fund manager masuk ke emerging market seperti Indonesia.

Sumber: Investor Daily

Reporter: Muhammad Kahfi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan