Semen Indonesia Cari Pinjaman Baru Rp 5 Triliun

Penulis:

Editor:

22/5/2013, 11.12 WIB

PT Semen Indonesia Tbk SMGR mencari tambahan pinjaman sekitar Rp 5 triliun dari dalam dan luar negeri

Semen
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mencari tambahan pinjaman sekitar Rp 5 triliun dari dalam dan luar negeri. Seluruh pinjaman itu digunakan untuk mendanai pembangunan dua pabrik semen baru di Padang dan Rembang dengan total investasi Rp 7 triliun.

Dari jumlah itu, sebanyak Rp 3-4 triliun didanai dari Export Credit Agency (ECA), pinjaman dari bank domestik sebesar Rp 1 triliun, dan sisanya dari kas internal perseroan. Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Agung Wiharto mengatakan, perseroan telah mengirimkan proposal pinjaman ke beberapa ECA yang berbasis di Eropa. ECA Eropa dipilih karena mesin pabrik akan diimpor dari wiayah itu. Disamping itu, bunganya rendah dan dapat dikonversi ke rupiah.

Saat ini, kapasitas terpasang Semen Indonesia mencapai 25 juta ton per tahun, terbesar di Tanah Air. Perseroan menjadi pemimpin pasar semen domestik dalam beberapa tahun terakhir.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengaatakan akan terus berekspansi dengan membangun pabrik baru dan mengakuisisi perusahaan semen. Semen Indonesia juga akan melebarkan sayap ke Asean. Setelah mengakuisisi 7020saham produsen semen di Vietnam, Semen Indonesia berniat masuk ke Myanmar dengan membangun pabrik berkapasitas 1 juta ton setahun.

Hingga April 2013, penjualan semen domestik naik 8,6 persen menjadi 18,1 juta ton. Semen Indonesia berhasil meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 43,7 persen dari sebelumnya 39,9 persen. Sebaliknya, pangsa pasar PT Holcim Indoneisa dan PT Indocement Tunggal Prakarsa turun masing-masing menjadi 14,4 persen dan 31 persen. Kedua produsen semen yang dikendalikan perusahaan asing itu kesulitan menggenjot produksi, karena pabrik mereka sudah beroperasi penuh.

Reporter: Muhammad Kahfi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan