Krakatau Pangkas Belanja Modal Rp 8 Triliun

Penulis:

Editor:

24/5/2013, 11.12 WIB

Di tengah tekanan pasar produsen baja PT Krakatau Steel Persero Tbk KRAS memangkas belanja modal tahun ini sebesar 62 persen

besi baja
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Di tengah tekanan pasar, produsen baja PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) memangkas belanja modal tahun ini sebesar 62 persen atau Rp 8 triliun dari belanja tahun lalu sebesar Rp 13 triliun.

Direktur Keuangan KRAS Sukandar mengatakan bahwa pemangkasan itu bukan disebabkan oleh kinerja Krakatau yang kembali terpuruk pada kuartal I tahun ini. Belanja modal tahun lalu lebih besar karena perseroan telah berinvestasi besar pada KS-Posco tahap pertama. Pada tahun ini, investasi sudah berjalan dan tinggal menunggu rampung sesuai dengan jadwal pada kuartal IV/2013.

Sukandar menambahkan dana belanja modal itu akan dibiayai oleh kombinasi dana internal dan pinjaman perbankan. Dana ini akan digunakan untuk sejumlah ekspansi dan penyertaan modal ke anak usaha.

Direktur Utama Krakatau, Irvan Kamal Hakim mengatakan salah satu ekspansi yang direncanakan perseroan tahun ini adalah penambahan 15 persen saham perusahaan patungan dengan Posco Korea Selatan, yakni PT Krakatau Steel-Pohang Iran & Steel Company (KS-Posco). Saat ini Krakatau memiliki 30 persen saham di perusahaan patungan itu. Dengan penambahan 15 persen saham, komposisi saham berubah menjadi 45:55 persen.

Proyek pabrik KS-Posco tahap I yang terletak di Cilegon, menelan investasi US$ 2,7 miliar atau setara Rp 24 triliun. Tak berapa lama setelah rencana itu muncul, industri baja nasional mengalami tekanan serius hingga diklaim menggerus kinerja Krakatau.

Tahun lalu misalnya, meskipun volume penjualan tumbuh dua digit, perseroan mencatat rugi bersih US$ 20,4 juta. Perseroan kembali mencetak kinerja negatif dengan membukukan penurunan laba bersih 16,6 persen menjadi US$ 9,09 juta sepanjang kuartal I/2013. Namun mesi laba bersihnya menurun, omzetnya masih tumbuh 2,85 persen.

Reporter: Muhammad Kahfi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan