Astra Akan Lepas 15 Persen Saham Astra Otoparts

Image title
Oleh
28 Mei 2013, 11:12
astra-otoparts-industri-mobil.jpg
KATADATA

KATADATA ? PT Astra International Tbk (ASII) akan melepas 15 persen saham PT Astra Otoparts Tbk (AOP) melalui penawaran terbatas (private placement). Saat ini, perusahaan otomotif terbesar nasional itu tengah menggelar roadshow di beberapa negara, seperti Singapura dan Hongkong.

Sumber yang dikutip Investor Daily mengatakan respon pasar cukup bagus meskipun nilai transaksi belum diketahui. Yang pasti Astra berkeinginan porsi saham publik naik menjadi 20 persen dari saat ini 5 persen agar lebih likuid.

Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengakui perseroan bakal melepas saham Astra Otoparts namun saat ini masih digelar roadshow sehingga belum bisa memberikan penjelasan lebih lanjut.

AOP telah merampungkan penawaran umum terbatas saham atau rights issue. Perusahaan itu meraup dana Rp 2,98 triliun dalam aksi korporasi tersebut. Astra memiliki 95 persen saham AOP dan sisanya dimiliki publik. Sebanyak 51,9 persen dana hasil rights issue atau sebesar Rp 1,5 triliun akan digunakan untuk mempercepat pembayaran pinjaman bank. Adapun sebanyak 23 persen ataupun Rp 700 miliar digunakan untuk membayar pinjaman talangan (bridging loan).

Sisanya sebesar Rp 719 miliar dialokasikan untuk pengembangan usaha dalam bentuk penyertaan modal atau pemberian pinjaman kepada anak usaha, perusahaan asosiasi, dan perusahaan yang dikontrol bersama. Terkait bridging loan, utang itu ditarik untuk membiayai akuisisi satu perusahaan di sektor manufaktur komponen otomotif. Pinjaman itu berasal dari fasilitas pinjaman beberapa bank dan penarikannya hanya bersifat sementara.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...