Citra Marga Siapkan Dana Akuisisi Merpati

Penulis:

Editor:

28/5/2013, 11.12 WIB

Operator jalan tol PT Citra Marga CMNP menawar Rp 800 miliar untuk saham mayoritas maskapai pelat merah PT Merpati Nusantara Airlines

Gedung Kementerian BUMN
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Operator jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) menawar Rp 800 miliar untuk saham mayoritas maskapai pelat merah yang dililit utang, PT Merpati Nusantara Airlines.

Direktur Utama Citra Marga, Jusuf Hamka mengatakan perseroan mendapatkan tawaran dari mantan Dirut Merpati, Ridwan Fatarudin. ?Kami ditawarkan untuk menyelamatkan Merpati dan pemegang saham kami tertarik,? katanya, Senin (27/5).

Meski sedang terlilit utang Rp 6 triliun, Jusuf berkeyakinan dapat mengembangkan sayap Merpati kembali. ?Kami sudah menyiapkan strategi,? katanya. Strategi tersebut adalah pertama perseroan akan menerapkan skema reward and punishment kepada seluruh karyawan Merpati. Kedua, perusahaan akan menambah armada pesawat dengan cara menyewa.

Sementara itu, untuk utang yang ditinggalkan, perusahaan menyanggupi penyelesaian tersebut dengan catatan diberikan waktu pembayaran yang cukup panjang. Perseroan siap menggelontorkan dana Rp 800 miliar yang bisa diambilkan dari sebagian dana hasil rights issue yang digelar tahun ini. Dalam rights issue tersebut, perseroan akan menerbitkan 30 persen saham baru dengan target dana Rp 1,2 triliun.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines, Rudy Setyopurnomo menyerahkan rencana penjualan kepada kementerian Negara BUMN selaku pemegang saham. Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro, mengakui beberapa investor telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi sebagian saham Merpati.

Sumber: Bisnis Indonesia

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan