5 Bulan, Cadangan Devisa Merosot US$ 7,7 Miliar

Penulis:

Editor:

10/6/2013, 10.10 WIB

Dalam 5 bulan terakhir cadangan devisa merosot sebesar US 778 miliar dibandingkan dengan posisi akhir tahun lalu

dollar
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Dalam 5 bulan terakhir, cadangan devisa merosot sebesar US$ 7,78 miliar dibandingkan dengan posisi akhir tahun lalu menjadi US$ 105 miliar karena digunakan operasi moneter untuk stabilisasi nilai tukar. ?Salah satunya itu digunakan untuk menjalankan operasional moneter, tetapi detailnya tentu kami tidak bisa jelaskan,? kata Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo, Jumat (7/6).

Dia memastikan bank sentral akan terus fokus menjaga kepercayaan pasar dengan melakukan stabilitasi nilai tukar rupiah. Menurutnya, nilai tukar yang bergerak di pasar saat ini masih sesuai dengan kondisi pasar. Demikian juga intervensi yang dilakukan BI masih sejalan dengan permintaan dan penawaran agar kondisi pasar tetap sehat.

?Sekarang ini kami lihat bahwa nilai tukar sekitar Rp 9.800 per dolar AS. Waktu di DPR kami katakan dengan penyesuaian harga bahan bakar minyak pada 2013 rata-rata nilai tukar bisa Rp 9.500-9.700 per dolar AS,? terangnya. Pada perdagangan Jumat (7/6), kurs rupiah ditutup menguat tipis ke level 9.790 per dolar AS.

Tony Prasetiantono, Ekonom Universitas Gajah Mada menyampaikan BI perlu mengubah kebijakan suku bunga acuan untuk menjaga cadangan devisa dalam kerangka stabilisasi rupiah. ?BI perlu memikirkan kebijakan lain, yaitu menaikkan BI rate jadi 6 persen untuk mengurangi beban biaya intervensi karena cadangan devisa sudah mulai mendekati batas psikologis US$ 100 miliar,? ujarnya seperti dikutip Bisnis Indonesia, 8 Juni 2013.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan