HSBC Akan Lepas Bank Ekonomi

Image title
Oleh
10 Juni 2013, 10:10
Saham-1.jpg
KATADATA/
KATADATA

KATADATA ? Hong Kong Shanghai Banking Corporation (HSBC) berencana menjual sahamnya yang ada di PT Bank Ekonomi Raharja Tbk untuk mendapatkan dana sebesar US$ 670 juta sebagai bagian dari upaya merampingkan bisnisnya.

Seperti diberitakan oleh kantor berita Reuters, Senin (3/6/2013), HSBC pekan lalu menyatakan saham yang akan dilepas mencapai 99 persen. Jika berhasil dilepas, dana yang diperoleh akan kembali diinvestasikan di Indonesia.

CEO HSBC Stuart Gulliver dalam dua tahun terakhir ini telah mengambil langkah perampingan bisnis perusahaan dengan cara melepas lebih dari 50 perusahaan yang sahamnya dimiliki perseroan. Langkah itu dilanjutkan dengan melepas bisnis-bisnis yang kurang menguntungkan ataupun yang kecil secara pendapatan.

Meski demikian, dia menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari 22 negara yang menjadi prioritas bisnis HSBC karena pasar yang sangat menguntungkan. Kredit bank asal Inggris ini tumbuh 61 persen dalam periode 2010-2012.

Sebelumnya, HSBC membeli Bank Ekonomi dari Grup Wings milik taipan Wiliam Katuari pada Agustus 2008 sebesar 88,9 persen senilai 607,5 juta dollar AS. Jumlah itu terus ditingkatkan melalui pembelian 10 persen sebesar 71,6 persen sebesar 71,6 juta pada Agustus 2009.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...