HSBC Akan Lepas Bank Ekonomi

Penulis:

Editor:

10/6/2013, 10.10 WIB

HSBCberencana menjual sahamnya di PT Bank Ekonomi Raharja Tbk untuk mendapatkan dana US 670 juta untukmerampingkan bisnisnya

Saham-1.jpg
KATADATA/
KATADATA

KATADATA ? Hong Kong Shanghai Banking Corporation (HSBC) berencana menjual sahamnya yang ada di PT Bank Ekonomi Raharja Tbk untuk mendapatkan dana sebesar US$ 670 juta sebagai bagian dari upaya merampingkan bisnisnya.

Seperti diberitakan oleh kantor berita Reuters, Senin (3/6/2013), HSBC pekan lalu menyatakan saham yang akan dilepas mencapai 99 persen. Jika berhasil dilepas, dana yang diperoleh akan kembali diinvestasikan di Indonesia.

CEO HSBC Stuart Gulliver dalam dua tahun terakhir ini telah mengambil langkah perampingan bisnis perusahaan dengan cara melepas lebih dari 50 perusahaan yang sahamnya dimiliki perseroan. Langkah itu dilanjutkan dengan melepas bisnis-bisnis yang kurang menguntungkan ataupun yang kecil secara pendapatan.

Meski demikian, dia menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari 22 negara yang menjadi prioritas bisnis HSBC karena pasar yang sangat menguntungkan. Kredit bank asal Inggris ini tumbuh 61 persen dalam periode 2010-2012.

Sebelumnya, HSBC membeli Bank Ekonomi dari Grup Wings milik taipan Wiliam Katuari pada Agustus 2008 sebesar 88,9 persen senilai 607,5 juta dollar AS. Jumlah itu terus ditingkatkan melalui pembelian 10 persen sebesar 71,6 persen sebesar 71,6 juta pada Agustus 2009.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan