Empat Korporasi Besar Minati Blok Milik Hess

Penulis:

Editor:

18/7/2013, 14.06 WIB

Blok minyak dan gas bumi Hess Corporation menjadi rebutan perusahaan Empat perusahaan bahkan telah menyerahkan berkas untuk ikut proses tender penjualan empat blok perusahaan asal Amerika itu Keempat perusahaan itu adalah PT Medco Energi

Hess Corporation
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Blok minyak dan gas bumi Hess Corporation menjadi rebutan perusahaan. Empat perusahaan bahkan telah menyerahkan berkas untuk ikut proses tender penjualan empat blok perusahaan asal Amerika itu. Keempat perusahaan itu adalah PT Medco Energi Internasional Tbk, PT Energi Mega Persada Tbk, PT Saka Energi Indonesia, dan PT Pertamina. "Pertamina merupakan calon investor paling serius," ujar sumber yang dikutip dari harian Kontan (18/7).

Rencana Hess keluar dari Indonesia membuatnya harus melepas empat blok migas miliknya. Keempat blok itu adalah Blok Ujung Pangkah, Blok Semai V di Papua Barat, Blok South Sesuku Kalimantan Timur, dan Blok Timor Sea 1. Dari ke empat blok itu, Ujung Pangkah menjadi incaran. Pasalnya, blok itu sudah mulai berproduksi sejak 2007, kontrak pun baru akan habis 2026 mendatang. Harga Blok Ujung Pangkah tak sampai US$ 1 miliar.

Vice President Government & External Relations Hess Corporation enggan menanggapi kabar penjualan blok-blok migas itu. Hess mengaku tak tahu siapa saja yang berminat. Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Afdal Bahaudin mengatakan, Pertamina tertarik dengan seluruh aset Hess di Indonesia dan Thailand. Pihaknya sudah menghitung aspek keekonomian dan komersialnya.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan