Suku Bunga Acuan RI yang Tertinggi di Kawasan

Image title
Oleh
18 November 2013, 14:06
Bank-Indonesia_Katadata_Donang.jpg
KATADATA | Donang Wahyu
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Bank Indonesia baru saja menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 7,5 persen. Kenaikan tersebut merupakan yang kelima kali dalam enam bulan terakhir.
 
Namun jika dibandingkan dengan negara-negara sekawasan, suku bunga Indonesia adalah yang tertinggi sekaligus yang paling sering naik. Langkah Bank Indonesia menaikkan suku bunga seiring dengan nilai tukar rupiah yang paling berfluktuasi dibandingkan dengan negara-negara lain sekawasan.
 
Malaysia, misalnya, tingkat suku bunga yang dikeluarkan Bank Negara Malaysia tidak berubah di level 3 persen sejak Mei 2011. Dalam rapat pada 7 November lalu, dewan moneter Malaysia menilai perekonomian global sudah berangsur-angsur membaik. Sementara perekonomian domestik diharapkan meningkat didorong oleh kegiatan ekspor.
 
Demikian pula dengan Bangko Sentral ng Pilipinas (bank sentral Filipina) yang mempertahankan suku bunga 3 persen sejak Oktober tahun lalu. Sementara Bank of Thailand pada 16 Oktober lalu mempertahankan suku bunga sebesar 2,5 persen. Bahkan dibandingkan posisi pada awal tahun, suku bunga Thailand lebih rendah 0,25 basis poin.
 
Adapun suku bunga acuan di Singapura masih sangat rendah. Pada akhir Oktober lalu, The Singapore Foreign Exchange Market Committee dalam rapat pada akhir Oktober hanya menaikkan suku bunga 0,02 basis poin menjadi 0,05 persen.

Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...