Superkaya RI Makin Makmur, Meski Ekonomi Krisis

Image title
Oleh
22 November 2013, 00:00
2189.jpg
Nina Iskandar | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Indonesia memiliki jumlah orang superkaya terbanyak di Asia Tenggara. Dalam daftar orang superkaya 2013 yang disusun Majalah Forbes, terdapat 25 warga negara Indonesia. Jumlah ini bahkan lebih banyak dari Jepang yang hanya punya 22 orang superkaya. Sementara Singapura dan Malaysia hanya mencatatkan 10 orang superkaya dalam daftar tersebut.

Perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang telah berkembang dengan pendapatan per kapita mencapai US$ 3.592 pada 2012. Ini meningkat lebih dari 350 persen dari pendapatan per kapita pada 2000 sebesar US$ 790.

Dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia yang dikeluarkan Majalah Forbes Kamis (20/11), meski tengah didera perlambatan ekonomi dalam empat tahun terakhir namun jumlah kekayaan para superkaya Indonesia tetap meningkat. Tahun ini, jumlah kekayaan para superkaya mencapai US$ 95 miliar atau sekitar Rp 1.114,25 triliun, meningkat 1,1 persen dari jumlah pada tahun lalu.

Jumlah kekayaan yang hanya meningkat tipis tersebut seiring melambatnya perekonomian yang hanya tumbuh 5,6 persen pada kuartal III. Ini tingkat pertumbuhan terendah dalam empat tahun terakhir. Perlambatan ini seiring dengan menurunnya nilai ekspor akibat harga komoditas turun. Kemudian nilai tukar rupiah juga melemah, sementara Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan sejalan dengan inflasi.

Situasi ini, menurut Luisa Kroll, editor Majalah Forbes, menjadikan 2013 sebagai tahun terberat bagi para superkaya Indonesia.  Salah satunya keluarga Riady yang pada tahun ini untuk pertama kalinya terlempar dari posisi 10 besar orang terkaya di Indonesia.

Meski begitu, keluarga Riady berhasil mencatatkan ekspansi dengan membeli US Bank Tower di Los Angeles, yang merupakan gedung tertinggi di California senilai US$ 368 juta pada Maret lalu. Kepemilikan Riady dilakukan melalui Overseas Union Enterprise (OUE) perusahaan properti yang berbasis di Singapura.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...