Bakrie & Brothers Akan Kembali Jual Anak Usaha

Penulis:

Editor:

25/11/2013, 00.00 WIB

PT Bakrie amp Brothers Tbk berencana menjual kembali anak usahanya untuk membayar utang yang mencapai US 490 juta setara Rp 539 triliun dan Rp 978 miliar Sebelumnya Brup Bakrie akan menjualn PT Bakrie Pipe IndustriesSeperti dik

2196.jpg
Nina Iskandar | KATADATA
www.thejakartapost.com

KATADATA ? PT Bakrie & Brothers Tbk berencana menjual kembali anak usahanya untuk membayar utang yang mencapai US$ 490 juta (setara Rp 5,39 triliun) dan Rp 978 miliar. Sebelumnya Brup Bakrie akan menjualn PT Bakrie Pipe Industries.

Seperti dikutip dari harian Bisnis Indonesia (25/11), analis MNC Securities Reza Nugraha memprediksi anak usaha yang akan dilepas kemudian adalah yang tidak tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Reza menambahkan penjualan Bakrie Pipe bisa jadi belum cukup untuk membayar utang. Maka jalan satu - satunya adalah menjual anak usaha yang lain.

Direktur Utama dan CEO Bakrie & Brothers (BNBR) Bobby Gafur Umar mengatakan perseroan mulai berusaha mengurangi utang sekitar Rp 6,7 triliun sejak pertengahan tahun ini. Bobby menambahkan pihaknya berencana memperpanjang 60-70 persen utang jangka pendeknya, dan memangkas 50 persen total utang tahun depan.

BNBR akan menempuh beberapa cara untuk menekan jumlah utangnya yang membengkak. Perseroan bakal menjual kepemilikan sahamnya di BPI sekitar 95-99 persen. BNBR juga akan menjual 26 hektare tanah milik PT Bakrie Building Industries. Nilai penjualannya akan mencapai US$ 50 juta. BNBR butuh pendapatan besar agar dapat melunasi pinjaman. Untuk itu, perseroan akan menggenjot investasi di sektor manufaktur untuk jangka pendek dan sektor infrastruktur untuk jangka panjang.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha