Bakrie & Brothers Akan Kembali Jual Anak Usaha

Image title
Oleh
25 November 2013, 00:00
2196.jpg
Nina Iskandar | KATADATA
www.thejakartapost.com

KATADATA ? PT Bakrie & Brothers Tbk berencana menjual kembali anak usahanya untuk membayar utang yang mencapai US$ 490 juta (setara Rp 5,39 triliun) dan Rp 978 miliar. Sebelumnya Brup Bakrie akan menjualn PT Bakrie Pipe Industries.

Seperti dikutip dari harian Bisnis Indonesia (25/11), analis MNC Securities Reza Nugraha memprediksi anak usaha yang akan dilepas kemudian adalah yang tidak tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Reza menambahkan penjualan Bakrie Pipe bisa jadi belum cukup untuk membayar utang. Maka jalan satu - satunya adalah menjual anak usaha yang lain.

Advertisement

Direktur Utama dan CEO Bakrie & Brothers (BNBR) Bobby Gafur Umar mengatakan perseroan mulai berusaha mengurangi utang sekitar Rp 6,7 triliun sejak pertengahan tahun ini. Bobby menambahkan pihaknya berencana memperpanjang 60-70 persen utang jangka pendeknya, dan memangkas 50 persen total utang tahun depan.

BNBR akan menempuh beberapa cara untuk menekan jumlah utangnya yang membengkak. Perseroan bakal menjual kepemilikan sahamnya di BPI sekitar 95-99 persen. BNBR juga akan menjual 26 hektare tanah milik PT Bakrie Building Industries. Nilai penjualannya akan mencapai US$ 50 juta. BNBR butuh pendapatan besar agar dapat melunasi pinjaman. Untuk itu, perseroan akan menggenjot investasi di sektor manufaktur untuk jangka pendek dan sektor infrastruktur untuk jangka panjang.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement