Pemerintah Siapkan Obligasi Global 600 Juta Euro

Penulis:

Editor:

26/11/2013, 00.00 WIB

Pemerintah mengkaji penerbitan obligasi global berdenominasi euro eurobond pada 2014 senilai 600 juta euro atau sekitar Rp 93 triliunDirektur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan

2402.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Pemerintah mengkaji penerbitan obligasi global berdenominasi euro (eurobond) pada 2014 senilai 600 juta euro atau sekitar Rp 9,3 triliun.

Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Scenaider CH Siahaan mengatakan penerbitan obligasi berdenominasi euro merupakan bagian dari strategi diversifikasi pendanaan. Pemerintah juga akan kembali menerbitkan surat utang dalam mata uang yen.

Dikutip dari Investor Daily (26/11), likuiditas euro dan yen tidak akan terlalu terkena dampak pengurangan stimulus ekonomi oleh Amerika Serikat. Menurut dia, besaran penerbitan eurobond pada tiap semester tahun depan akan sama. Sedangkan untuk penerbitan obligasi yen masih belum ada penjelasan.

Tahun depan, pemerintah akan menerbitkan surat utang senilai Rp 359,84 triliun. Surat utang tersebut terbagi atas mata uang rupiah Rp 293,09 triliun dan mata uang asing setara Rp 66,74 triliun. Adapula Surat Utang Negara (SUN) valuta asing (valas) di pasar domestik sebesar US$ 500 juta. Tahun ini pemerintah menargetkan penerbitan SUN valas sebesar US$ 450 juta.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan