Pemerintah Siapkan Obligasi Global 600 Juta Euro

Image title
Oleh
26 November 2013, 00:00
2402.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Pemerintah mengkaji penerbitan obligasi global berdenominasi euro (eurobond) pada 2014 senilai 600 juta euro atau sekitar Rp 9,3 triliun.

Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Scenaider CH Siahaan mengatakan penerbitan obligasi berdenominasi euro merupakan bagian dari strategi diversifikasi pendanaan. Pemerintah juga akan kembali menerbitkan surat utang dalam mata uang yen.

Advertisement

Dikutip dari Investor Daily (26/11), likuiditas euro dan yen tidak akan terlalu terkena dampak pengurangan stimulus ekonomi oleh Amerika Serikat. Menurut dia, besaran penerbitan eurobond pada tiap semester tahun depan akan sama. Sedangkan untuk penerbitan obligasi yen masih belum ada penjelasan.

Tahun depan, pemerintah akan menerbitkan surat utang senilai Rp 359,84 triliun. Surat utang tersebut terbagi atas mata uang rupiah Rp 293,09 triliun dan mata uang asing setara Rp 66,74 triliun. Adapula Surat Utang Negara (SUN) valuta asing (valas) di pasar domestik sebesar US$ 500 juta. Tahun ini pemerintah menargetkan penerbitan SUN valas sebesar US$ 450 juta.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement