Margin Laba IHSG Terendah Sejak 2010

Penulis:

Editor:

27/11/2013, 00.00 WIB

Keuntungan yang diperoleh investor di Bursa Saham Indonesia BEI sepanjang 2013 menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya Ini terlihat dari margin laba indeks harga saham gabungan IHSG yang pada kuartal III2013 tercatat sebesar 973

3121.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Keuntungan yang diperoleh investor di Bursa Saham Indonesia (BEI) sepanjang 2013 menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ini terlihat dari margin laba indeks harga saham gabungan (IHSG) yang pada kuartal III-2013 tercatat sebesar 9,73 persen.

Margin laba tersebut merupakan yang terendah sejak 2010. Hingga pertengahan November, rata-rata margin laba IHSG sebesar 9,69 persen. Sementara tahun lalu, rata-rata margin laba yang diperoleh dari lantai bursa mencapai 10,82 persen.

Turunnya margin laba tersebut seiring dengan menurunnya kinerja indeks dalam beberapa bulan terakhir. Kondisi ini disebabkan data perekonomian dalam negeri yang tidak memenuhi target, terutama defisit neraca transaksi berjalan dan neraca perdagangan.

Akibatnya tingkat suku bunga acuan (BI Rate) juga ikutan terkerek. Belum lagi nilai tukar rupiah pun masih berada di posisi di atas Rp 11.000 per dolar Amerika Serikat. Indikator-indikator ini yang diperhatikan investor, di samping adanya kekhawatiran dampak pengurangan stimulus oleh pemerintah Amerika Serikat.

Hal ini terlihat dari tingginya tingkat penjualan oleh investor asing di Bursa Efek Indonesia. Hingga 27 November 2013, rata-rata penjualan saham oleh investor asing mencapai  Rp 2,74 triliun per hari. Rata-rata penjualan tersebut yang tertinggi dalam lima tahun terakhir. Tahun lalu, rata-rata penjualan oleh asing hanya Rp 1,90 triliun per hari.

Indeks pada perdagangan Rabu (27/11) ditutup pada posisi 4251,49 poin, naik 16,23 poin atau 0,38 persen dari hari sebelumnya. Meski naik, namun IHSG belum bisa melampaui posisi pada awal tahun sebesar 4316,69 poin.

Reporter: Aria W. Yudhistira

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan