BI Dorong Perbankan Fokus Biayai Rumah Tipe Kecil

Penulis:

Editor:

2/12/2013, 00.00 WIB

Bank Indonesia BI mendorong perbankan dan pengembang developer dalam negeri menggeser fokus bisnis ke pembangunan perumahan untuk kelas menengah dan tipe kecilIni agar suplai untuk rumah tipe kecil lebih banyak karena permintaannya b

2274.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ?- Bank Indonesia (BI) mendorong perbankan dan pengembang (developer) dalam negeri menggeser fokus bisnis ke pembangunan perumahan untuk kelas menengah dan tipe kecil.

"Ini agar suplai untuk rumah tipe kecil lebih banyak karena permintaannya besar sekali," kata Asisten Gubernur BI Mulia Siregar seperti yang dilansir dari Investor Daily (2/12). Mulia menepis anggapan bahwa aturan BI terkait rasio pinjaman terhadap nilai agunan (loan to value ratio atau LTV) yang berlaku 30 September 2013, justru mengurangi pasokan perumahan di Tanah Air.

Mulia juga mengingatkan para developer untuk tidak memaksakan diri masuk ke sektor yang membutuhkan permodalan lebih besar dibandingkan permodalan developer itu sendiri. Saat ini kredit bermasalah (NPL) untuk KPR masih di bawah 5 persen dan relatif tergolong masih sehat.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan