BPS: Inflasi November 0,12 Persen Relatif Stabil

Penulis:

Editor:

2/12/2013, 00.00 WIB

Badan Pusat Statistik BPS mencatat inflasi November sebesar 012 persen Sedikit meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 009 persenKepala BPS Suryamin mengatakan secara umum terjadi kenaikan harga pada berbagai komoditas Kenaikan

2674.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi November sebesar 0,12 persen. Sedikit meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 0,09 persen.

Kepala BPS Suryamin mengatakan secara umum terjadi kenaikan harga pada berbagai komoditas. Kenaikan terbesar terjadi pada kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,68 persen. ?Terutama akibat adanya kenaikan tarif listrik,? kata dia kepada wartawan di kantornya, Senin (2/12).

Selain kelompok perumahan, kelompok pengeluaran yang juga mengalami kenaikan harga cukup besar adalah kesehatan dan makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau.

Kelompok kesehatan tercatat mengalami inflasi 0,34 persen, sedangkan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau naik 0,27 persen. ?Di kelompok makanan jadi, terutama pada harga rokok yang meskipun pelan tapi pasti,? tutur dia.

Menurut Suryamin, secara umum harga komoditas dan jasa pada November terkendali. Kelompok bahan makanan bahkan turun hingga 0,47 persen yang disebabkan mulai membaiknya alur distribusi. Begitu juga dengan kelompok sandang yang turun 0,03 persen. ?Sandang mengalami deflasi karena harga emas internasional juga sudah turun,? kata dia.

Dari 66 kota, sebanyak 38 kota mengalami inflasi dan 28 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Maumere sebesar 1,54 persen, dan inflasi terendah terjadi di Mataram dan Sibolga sebesar 0,03 persen. Sementara deflasi tertinggi terjadi di Sorong sebesar 1,29 persen.

Inflasi tahun kalender (Januari-November) tercatat sebesar 7,79 persen, sedangkan inflasi year on year sebesar 8,37 persen.

Inflasi Bulanan

Sumber: BPS

Reporter: Nur Farida Ahniar

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan