BI: Neraca Perdagangan Terus Membaik

Image title
Oleh
3 Desember 2013, 00:00
765.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Bank Indonesia memperkirakan prospek defisit transaksi berjalan ke depan akan terus membaik seiring dengan perbaikan neraca perdagangan pada Oktober 2013.

"Surplus neraca perdagangan Oktober sesuai dengan perkiraan Bank Indonesia," ujar Difi A. Johansyah, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI di Jakarta, Senin, 2 Desember 2013. Pada Oktober 2013, neraca perdagangan kembali surplus sebesar 0,05 miliar dolar AS, setelah sebelumnya pada September 2013 mencatat defisit 0,81 miliar dolar AS.

Perbaikan neraca perdagangan dipengaruhi surplus neraca perdagangan nonmigas yang meningkat menjadi 0,79 miliar dolar AS, terutama ditopang perbaikan ekspor nonmigas yang secara tahunan tumbuh positif 2,520(yoy) akibat meningkatnya volume ekspor produk primer (CPO dan karet mentah) dan produk manufaktur (antara lain tekstil dan produk tekstil dan peralatan listrik).

Selain itu, impor nonmigas juga terkontraksi 8,820(yoy), khususnya pada kelompok bahan baku dan barang modal sejalan dengan pengaruh tren perlambatan permintaan domestik. Pada sisi lain, defisit neraca perdagangan migas pada Oktober 2013 menyempit menjadi 0,74 miliar dolar AS, dari defisit sebesar 1,31 miliar dolar AS pada bulan sebelumnya.

Penurunan defisit neraca perdagangan migas ini dipengaruhi  kontraksi pada impor migas sebesar 9,420(yoy) dan meningkatnya ekspor migas sebesar 3,020 (yoy).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...