Kinerja Fundamental IHSG Terus Turun

Penulis:

Editor:

3/12/2013, 00.00 WIB

Kinerja fundamental indeks harga saham gabungan IHSG sepanjang 2013 terus menurun Ini terlihat dari rasio profitabilitas aset Return on Asset RoA dan ekuitas Return on Equity RoE yang berada di titik terendah sejak 2010Berdas

jj.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Dok. KATADATA

KATADATA ? Kinerja fundamental indeks harga saham gabungan (IHSG) sepanjang 2013 terus menurun. Ini terlihat dari rasio profitabilitas aset (Return on Asset/ RoA) dan ekuitas (Return on Equity/ RoE) yang berada di titik terendah sejak 2010.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Bloomberg, RoA pada akhir November berada di posisi 3,7 persen, turun 7,7 persen sejak awal tahun. Begitu pula dengan RoE yang berada di angka 14,6 persen , turun 8,1 persen.

Meski begitu, secara rata-rata kinerja RoA dan RoE pada tahun ini masih lebih baik ketimbang rata-rata pada 2009. Rata-rata RoA Januari-November 2013 tercatat sebesar 3,9 persen, ini masih lebih baik dari rata-rata pada 2009 sebesar 2,2 persen.

Demikian juga dengan rata-rata RoE 2013 sebesar 15,1 persen, sedangkan pada 2009 tercatat sebesar 9,9 persen. Kondisi yang sama juga terjadi pada tingkat margin laba IHSG.

Turunnya kinerja fundamental seiring dengan turunnya kinerja indeks sejak awal tahun. Investor cenderung memantau data perekonomian Indonesia terkini, terutama menyangkut defisit neraca transaksi berjalan. Bank Indonesia merespon persoalan ini dengan menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) dan terkesan melepas nilai tukar rupiah.

Indeks pada perdagangan Selasa (3/12)ditutup turun 33,21 poin (0,77 persen) ke level 4.288,76 poin. Dibandingkan posisi pada awal tahun, indeks sudah turun 0,65 persen.

Reporter: Aria W. Yudhistira

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan