Akuisisi Inalum Selesai pada 19 Desember

Penulis:

Editor:

4/12/2013, 00.00 WIB

Pemerintah menargetkan pengambilalihan saham PT Indonesia Asahan Aluminium Inalum dari Nipon Asahan Aluminium NAA rampung pada 19 Desember 2013 Saat ini proses pengambialihan perusahaan peleburan aluminium tersebut telah memasuki taha

2305.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
www.inalum.co.id

KATADATA ? Pemerintah menargetkan pengambilalihan saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dari Nipon Asahan Aluminium (NAA) rampung pada 19 Desember 2013. Saat ini proses pengambialihan perusahaan peleburan aluminium tersebut telah memasuki tahap final.

Dirjen Kerja Sama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana mengatakan, pemerintah sedang menyusun kesepakatan pengakhiran kerja sama (termination agreement). Rencananya penandatanganan kesepakatan ini pada 9 Desember 2013, dengan begitu 10 hari setelah termination agreement ditandatangani, Inalum sudah 100 persen kembali milik Indonesia.

Agus berharap proses penyusunan termination agreement berjalan lancar sehingga perngambilalihan bisa sesuai terget. ?Ketiga termination agreement nanti ditandatangani, kita harus langsung mentransfer pembayaran,? kata dia seperti dilansir Investor Daily (4/12).

Saati ini, proses tersebut memasuki tahap transisi. Aset sudah milik Indonesia, tapi ada sebagian uang yang masih disimpan di Tokyo. Uang yang di Indonesia, dipakai untuk kegiatan operasional. Sebelumnya, tim negosiasi pengambialihan Indalum bentukan Pemerintah Indonesia dan NAA telah menyepakati nilai kompensasi pengalihan Indalum sebesar US$ 556,7 juta. Angka ini merujuk pada hasil audit Inalum hingga Oktober 2013.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan