Akuisisi Inalum Selesai pada 19 Desember

Image title
Oleh
4 Desember 2013, 00:00
2305.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
www.inalum.co.id

KATADATA ? Pemerintah menargetkan pengambilalihan saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dari Nipon Asahan Aluminium (NAA) rampung pada 19 Desember 2013. Saat ini proses pengambialihan perusahaan peleburan aluminium tersebut telah memasuki tahap final.

Dirjen Kerja Sama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana mengatakan, pemerintah sedang menyusun kesepakatan pengakhiran kerja sama (termination agreement). Rencananya penandatanganan kesepakatan ini pada 9 Desember 2013, dengan begitu 10 hari setelah termination agreement ditandatangani, Inalum sudah 100 persen kembali milik Indonesia.

Advertisement

Agus berharap proses penyusunan termination agreement berjalan lancar sehingga perngambilalihan bisa sesuai terget. ?Ketiga termination agreement nanti ditandatangani, kita harus langsung mentransfer pembayaran,? kata dia seperti dilansir Investor Daily (4/12).

Saati ini, proses tersebut memasuki tahap transisi. Aset sudah milik Indonesia, tapi ada sebagian uang yang masih disimpan di Tokyo. Uang yang di Indonesia, dipakai untuk kegiatan operasional. Sebelumnya, tim negosiasi pengambialihan Indalum bentukan Pemerintah Indonesia dan NAA telah menyepakati nilai kompensasi pengalihan Indalum sebesar US$ 556,7 juta. Angka ini merujuk pada hasil audit Inalum hingga Oktober 2013.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement