Boediono Takkan Penuhi Panggilan Timwas DPR

Penulis:

Editor:

4/12/2013, 00.00 WIB

Wakil Presiden Boediono tidak akan memenuhi panggilan Tim Pengawas Timwas Masalah Century DPR Pemanggilan dinilai akan menganggu proses yang sedang berlangsung di Komisi Pemberantasan Korupsi KPKPak Boediono berkomitmen membantu

2866.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? Wakil Presiden Boediono tidak akan memenuhi panggilan Tim Pengawas (Timwas) Masalah Century DPR. Pemanggilan dinilai akan menganggu proses yang sedang berlangsung di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

?Pak Boediono berkomitmen membantu KPK menuntaskan masalah Century,? kata Yopie Hidayat, Juru Bicara Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (4/12).

Yopie mengatakan, Wakil Presiden tidak ingin proses penegakan hukum yang sedang berlangsung terganggu oleh intervensi politik apa pun. Menurutnya, proses politik di DPR telah selesai dengan keputusan menyerahkan masalah ini kepada penegak hukum.

?Tugas Timwas, sesuai keputusan Paripurna DPR adalah mengawasi para penegak hukum,? kata dia.

Pemanggilan kepada pihak-pihak lain, apalagi yang sudah memberikan keterangan kepada KPK adalah tindakan yang tidak sejalan dengan keputusan DPR. ?Itu berada di luar kewenangan Timwas,?  ujar Yopie.

Timwas Century sebelumnya memutuskan untuk memanggil Boediono pada 18 Desember. Pemanggilan menurut Wakil Ketua DPR Pramono Anung, untuk mengonfirmasi keputusan Bank Indonesia memberikan fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) kepada Bank Century. Pemanggilan tersebut berdasarkan rapat Timwas Century yang diikuti seluruh fraksi DPR, Rabu (4/12) siang.

Reporter: Aria W. Yudhistira

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan