Ekonomi Indonesia Butuh 29 Tahun untuk Naik Kelas

Image title
Oleh
5 Desember 2013, 00:00
graf.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Dok. KATADATA

KATADATA ? Indonesia butuh waktu sekurangnya selama 29 tahun lagi untuk masuk dalam jajaran negara berpendapatan tinggi. Saat ini Indonesia masih berada di kategori negara berpendapatan menengah-bawah berdasarkan ukuran Bank Dunia.

Berdasarkan simulasi ?skenario terbaik? yang dilakukan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Indonesia akan masuk dalam jajaran negara berpendapatan tinggi pada 2042. Namun keberhasilan tersebut tergantung pada bagaimana Indonesia dapat mengatasi tantangan yang dihadapi.

?Tantangan yang sulit untuk mempertahankan pertumbuhan jangka panjang dan bergerak keluar dari jebakan pendapatan menengah (middle income trap),? kata Kensuke Tanaka, Head of Asia Desk OECD Development Center, dalam seminar ?Structural Policy Challenges in Indonesia: Medium-Term Challenges and Responses? di kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (5/12).

Menurutnya, perlu ada perubahan mendasar dalam struktur ekonomi negara-negara nerkembang berpenghasilan menengah di Asia. ?Terutama dalam struktur ekonomi serta terus mengembangkan sektor jasa modern,? kata dia.

Skenario yang dihitung OECD tersebut sudah memasukkan tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, perkiraan nilai tukar, serta tingkat pertumbuhan populasi di masing-masing negara.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...