Harga Emas Masih Sulit Menanjak

Penulis:

Editor:

5/12/2013, 00.00 WIB

Harga emas kesulitan untuk menanjak Spekulasi adanya percepatan pemangkasan stimulus moneter oleh The Fed seiring membaiknya perekonomian Amerika Serikat menekan harga emasDikutip dariKontan512 harga emas untuk kontra

2527.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Harga emas kesulitan untuk menanjak. Spekulasi adanya percepatan pemangkasan stimulus moneter oleh The Fed seiring membaiknya perekonomian Amerika Serikat menekan harga emas.

Dikutip dari Kontan (5/12), harga emas untuk kontrak pengiriman Februari 2013 di Comex turun 0,34 persen menjadi US$ 1,216,6 per ons troi dibandingkan hari sebelumnya. Dalam sebulan, harga emas telah terkoreksi sebesar 7,74 persen.

Potensi percepatan pemangkasan stimulus makin tinggi setelah data manufaktur Purchasing Manager Index (PMI) AS yang dirilis awal pekan ini mencapai 58,4 pada November 2013. Nilai ini membaik dibanding Oktober yang hanya 56.

?Jika angka penambahan lapangan kerja yang akan dirilis berada di atas 200.000 maka harga emas bisa turun ke level US$ 1.200 per ons troi,? ujar Jordan Elios, Kepala Riset ABC Bullion.

Analis Monex Investindo Futures mengatakan, selain mendapatkan tekanan besar dari isu penarikan stimulus moneter AS, harga emas juga tertekan akibat perubahan pola investasi pasar dari emas ke instrumen yang lebih berisiko tapi memberikan imbal hasil lebih tinggi seperti saham.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan