Industri Tekstil Naikkan Harga Penjualan 5 Persen

Penulis:

Editor:

10/12/2013, 00.00 WIB

Industri tekstil dan produk tekstil TPT akan menaikkan harga penjualan sebesar 5 persen Kenaikan ini untuk mengimbangi kenaikan tarif pajak penghasilan PPh impor barang tertentu PPh pasa 22 dari 25 persen menjadi 75 persenKet

2353.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) akan menaikkan harga penjualan sebesar 5 persen. Kenaikan ini untuk mengimbangi kenaikan tarif pajak penghasilan (PPh) impor barang tertentu (PPh pasa 22) dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan kenaikan pajak akan berimbas terhadap pengadaan bahan baku dan mesin yang sebagian besar didatangkan dari luar negeri. Belum lagi, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang masih lemah.

?Harga penjualan naik 5 persenlah, proporsional dengan kenaikan pajak,? jelas Ade saat dihubungi Katadata, Selasa (10/12).

Meski mengakibatkan kenaikkan harga jual, Ade menilai kebijakan paket kebijakan ekonomi tahap II sebagai langkah yang tepat. Dia berharap kebijakan tersebut dapat meningkatkan kinerja ekspor, sehingga bisa menekan defisit neraca perdagangan. ?Diharapkan ini (kebijakan) benar-benar untuk tujuan ekspor,? kata dia.

Apalagi, dia menambahkan, pemerintah juga memberikan fasilitas bebas pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Di samping pula memudahkan perizinan dengan menyederhanakan prosedur pelayanan.

Diharapkan dengan adanya kebijakan tersebut, stabilitas ekonomi Indonesia kembali membaik, sehingga mampu mendorong ekspansi investasi pada industri tekstil. Pada akhirnya, kata dia, ini diharapkan dapat menambah lapangan pekerjaan baru di dalam negeri.

?Kalau tercipta lapangan pekerjaan, daya beli masyarakat akan meningkat, dan pasar juga akan membaik,? tutup Ade.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan