Fitch: 2014, Perbankan Indonesia Masih Stabil

Image title
Oleh
19 Desember 2013, 00:00
katadata
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memproyeksikan, tekanan masih akan mengancam kinerja perbankan nasional. Meski demikian, kondisi perbankan nasional masih akan cukup stabil pada tahun depan.

Dalam keterangan resmi yang dilansir dari Bisnis Indonesia (19/12), Fitch menyebutkan kondisi ekonomi makro baik domestik maupun global seperti kenaikan suku bunga acuan, depresiasi rupiah, dan perlambatan ekonomi diperkirakan akan menekan profitabilitas dan kualitas aset perbankan nasional. Kapasitas perbankan Indonesia untuk menyerap risiko memang menurun, tetapi  masih mampu menghadapi risiko tahun depan.

Fitch memproyeksikan NPL perbankan nasional akan meningkat hingga kisaran 3-4 persen pada 2014, dari prediksi NPL akhir tahun ini sebesar 1,91 persen. Risiko kenaikan NPL terutama ditopang kenaikan BI Rate dan lemahnya harga komoditas. Fitch memperkirakan perebutan dana pihak ketiga akan semakin ketat tahun depan, dan akan terjadi perlambatan kredit dengan LDR mendekati 90 persen.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adirayswara menyebutkan dalam jangka pendek, perbankan nasional masih akan tertekan. Profitabilitas dan kredit bermasalah akan meningkat. Perbankan sudah pernah mengalami situasi serupa pada 2005 dan 2008.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...