Fitch: 2014, Perbankan Indonesia Masih Stabil

Penulis:

Editor:

19/12/2013, 00.00 WIB

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memproyeksikan tekanan masih akan mengancam kinerja perbankan nasional Meski demikian kondisi perbankan nasional masih akan cukup stabil pada tahun depanDalam keterangan resmi yang dilansir darinb

katadata
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memproyeksikan, tekanan masih akan mengancam kinerja perbankan nasional. Meski demikian, kondisi perbankan nasional masih akan cukup stabil pada tahun depan.

Dalam keterangan resmi yang dilansir dari Bisnis Indonesia (19/12), Fitch menyebutkan kondisi ekonomi makro baik domestik maupun global seperti kenaikan suku bunga acuan, depresiasi rupiah, dan perlambatan ekonomi diperkirakan akan menekan profitabilitas dan kualitas aset perbankan nasional. Kapasitas perbankan Indonesia untuk menyerap risiko memang menurun, tetapi  masih mampu menghadapi risiko tahun depan.

Fitch memproyeksikan NPL perbankan nasional akan meningkat hingga kisaran 3-4 persen pada 2014, dari prediksi NPL akhir tahun ini sebesar 1,91 persen. Risiko kenaikan NPL terutama ditopang kenaikan BI Rate dan lemahnya harga komoditas. Fitch memperkirakan perebutan dana pihak ketiga akan semakin ketat tahun depan, dan akan terjadi perlambatan kredit dengan LDR mendekati 90 persen.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adirayswara menyebutkan dalam jangka pendek, perbankan nasional masih akan tertekan. Profitabilitas dan kredit bermasalah akan meningkat. Perbankan sudah pernah mengalami situasi serupa pada 2005 dan 2008.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan