BI Sambut Suntikan Modal LPS ke Bank Mutiara

Penulis:

Editor:

20/12/2013, 00.00 WIB

Bank Indonesia menyambut baik respon Lembaga Penjamin Simpanan LPS untuk memberikan tambahan dana kepada Bank Mutiara Tambahan modal itu untuk memenuhi ketentuan rasio kecukupan modal Capital Adequacy Ratio CAR sebesar 14 perse

2435.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Bank Indonesia menyambut baik respon Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk memberikan tambahan dana kepada Bank Mutiara. Tambahan modal itu untuk memenuhi ketentuan rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/ CAR)  sebesar 14 persen.

"Tentu kalau Bank Mutiara perlu mendapatkan tambahan modal dan sudah direspon LPS sesuai ketentuan kami sambut baik agar terus menjaga industri perbankan yang sehat," tutur Gubernur BI Agus Martowardojo di Kantor BI, Jumat (20/12).

Agus mengakui BI sudah menyampaikan kebutuhan tambahan modal untuk Bank Mutiara kepada LPS. Sebagai pengawas perbankan, jika terjadi masalah pada suatu bank, maka BI harus menyampaikan langsung kepada manajemen dan pemegang saham. BI akan mengawal perbankan hingga 31 Desember 2013 karena terhitung per 1 Januari 2014 pengawasan perbankan akan dilakukan OJK.

Tambahan modal itu diperlukan untuk memperkuat modal karena di bawah 11-14 persen sesuai profil risikonya. "Jadi kalau kita meminta untuk menaikkan modal karena jumlahnya pasti di bawah itu," tuturnya.

Agus menjelaskan dalam industri perbankan, penurunan kualitas kredit sangat mungkin terjadi. Untuk itu bank harus menyiapkan cadangan. Cadangan itu tentu akan mengurangi modalnya. Terkait Bank Mutiara, ia menjelaskan nasabah saat ini juga berasal dari bank sebelum diambilalih.

"Jadi mungkin bank itu punya nasabah yang kinerjanya membaik setelah restrukturisasi, tetapi setelah beberapa saat nasabah itu kembali bermasalah," ujarnya.

Agus menekankan pengelola perbankan agar berhati-hati dalam mengelola bank. Karena jika memiliki kredit yang beresiko akan menggerus modal dan harus melakukan penambahan.

Seperti diketahui, LPS memastikan akan menyuntik tambahan modal ke Bank Mutiara paling lambat Senin 23 Desember 2013. Tambahan tersebut untuk memenuhi batas minimal modal sebesar 14 persen yang ditentukan BI.

?Per hari ini (Jumat, 20 Desember, Red) LPS sudah menyetujui untuk menambah modal Bank Mutiara. CAR Bank Mutiara dipastikan akan sesuai dengan ketentuan BI,? kata Samsu Adi Nugroho, Sekretaris Lembaga dan Juru Bicara LPS, saat dihubungi Katadata, Jumat (20/12).   

Samsu menjelaskan, keputusan penambahan modal tersebut diambil dalam rapat yang dilakukan LPS tadi malam. ?Paling lambat injeksi dilakukan Senin. Sekarang kami sedang siapkan proses administrasinya,? kata dia, ?Pastinya jumlah yang akan disuntik sesuai batas aman untuk mencukupi kebutuhan modal Bank Mutiara.?

Reporter: Desy Setyowati dan Nur Farida Ahniar

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan