LPS Suntik Modal Bank Mutiara Paling Lambat Senin

Image title
Oleh
20 Desember 2013, 00:00
2433.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan akan menyuntik tambahan modal ke Bank Mutiara paling lambat Senin 23 Desember 2013. Tambahan tersebut untuk memenuhi batas minimal rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/ CAR) 14 persen yang ditentukan Bank Indonesia (BI).

?Per hari ini (Jumat, 20 Desember, Red) LPS sudah menyetujui untuk menambah modal Bank Mutiara. CAR Bank Mutiara dipastikan akan sesuai dengan ketentuan BI,? kata Samsu Adi Nugroho, Sekretaris Lembaga dan Juru Bicara LPS, kepada Katadata, Jumat (20/12).

Samsu menjelaskan, keputusan penambahan modal tersebut diambil dalam rapat yang dilakukan LPS tadi malam. ?Paling lambat injeksi dilakukan Senin. Sekarang kami sedang siapkan proses administrasinya,? kata dia, ?Pastinya jumlah yang akan disuntik sesuai batas aman untuk mencukupi kebutuhan modal Bank Mutiara.?

Seperti diberitakan, BI telah menyurati LPS untuk menambah kecukupan modal di Bank Mutiara sebesar Rp 1,53 triliun. Permintaan tersebut lantaran BI akan menyerahkan fungsi pengawasan bank kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai awal 2014.  

Menurut Sekretaris Perusahaan Bank Mutiara Rohan Hafas, tambahan modal tersebut untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 14/18/PBI/2012 mengenai kewajiban penyediaan modal minimum bank umum. Isinya, seluruh bank yang beroperasi di Indonesia harus memenuhi ketentuan Internal Capital Adequacy Assessment Process (ICAAP).

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...