Keran Ekspor Minerba Akan Dibuka Lagi

Penulis:

Editor:

23/12/2013, 00.00 WIB

Pemerintah yang sebelumnya semangat melarang ekspor mineral mentah mulai 12 Januari 2014 berubah haluan karena lobi para pengusaha Dengan dalih larangan ekspor akan membuat industri pertambangan dan pendukungnya terseokseok pemeritah a

2641.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? Pemerintah yang sebelumnya semangat melarang ekspor mineral mentah mulai 12 Januari 2014, berubah haluan karena lobi para pengusaha. Dengan dalih larangan ekspor akan membuat industri pertambangan dan pendukungnya terseok-seok, pemeritah akan merevisi larangan ekspor mineral mentah atau ore.

Kantor Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, pemerintah tengah menyiapkan pengecualian bagi perusahaan yang tetap diperbolehkan ekspor mineral mentah di 2014. ?Kami berusaha membuka kelonggaran ekspor ore demi keberlangsungan industri pertambangan dan kontraktor jasa tambang,? ujar Staf Ahli Menko Perekonomian Amir Sambodo, yang dikutip dari Kontan, Senin (23/12).

Lewat revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24/2012 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, aturan berisi: pertama, perusahaan yang serius membangun smelter diizinkan mengekspor ore. Kedua, pemerintah akan mengatur jenis mineral mentah apa saja yang boleh diekspor baik untuk pengusaha yang mengantongi izin kontrak karya maupun izin usaha pertambangan.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan