Bank Mandiri Kuasai 80 Persen Saham InHealth

Penulis:

Editor:

24/12/2013, 00.00 WIB

PT Bank Mandiri Persero Tbk akan menguasai 80 persen saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia InHealth dan sisanya akan dimiliki oleh PT Asuransi Jasa Indonesia Persero atau Jasindo dan PT Kimia Farma Persero Tbk masingmasing s

2454.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
www.inhealth.co.id

KATADATA ? PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan menguasai 80 persen saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (InHealth), dan sisanya akan dimiliki oleh PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, masing-masing sebesar 10 persen. Total nilai akuisisi InHealth tersebut mencapai Rp 1,75 triliun.

Proses akuisisi anak perusahaan PT Askes (Persero) tersebut untuk mendukung program pemerintah dan menguatkan sinergi BUMN. Dari data yang dikutip dari Investor Daily (24/12), per September 2013 InHealth memiliki 1,1 juta pemegang polis dengan premi bruto Rp 1,1 triliun lebih. Akuisisi InHealth adalah inisiatif Bank Mandiri untuk menyukseskan implementasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sekaligus memanfaatkan peluang di sektor asuransi kesehatan.

Pada tahap awal, Bank Mandiri akan memiliki 60 persen saham, 20 persen masih dimiliki Askes, 10 persen Jasindo dan 10 persen oleh Kimia Farma. Sedangkan tahap kedua akan dilakukan setelah masa transisi peralihan Askes menjadi BPJS Kesehatan selesai. Sisa 20 persen saham Askes di InHealth akan dijual ke Bank Mandiri sesuai perjanjian.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan, InHealth tetap akan menjalankan bisnisnya di asuransi kesehatan. Ke depan, produk-produk asuransi kesehatan InHealth akan diperkaya dengan berbagai manfaat. Menurut dia, potensi bisnis asuransi kesehatan di Indonesia cukup besar. Sebab, biaya kesehatan masyarakat mencapai Rp 300 triliun untuk biaya rumah sakit, apotik dan dokter dan baru 2,5 persen yang tercakup oleh asuransi.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan