Semen Indonesia Optimistis Laba 2013 Capai Rp 5 T

Image title
Oleh
10 Januari 2014, 00:00
2560.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) mencetak laba bersih belum diaudit tahun 2013 senilai Rp 5 triliun, dibandingkan tahun sebelumnya Rp 4,4 triliun. Pendapatan diperkirakan mencapai Rp 22,5 triliun atau naik dibandingkan tahun 2012 senilai Rp 21,9 triliun.

Direktur Keuangan Semen Indonesia Ahyanizzaman mengatakan, perseroan berhasil mempertahankan peningkatan laba bersih di atas 10 persen menjadi Rp 5 triliun dengan cara menggenjot produksi dan penjualan semen. Perseroan merealisasikan peningkatan volume penjualan semen dari 22 juta ton menjadi 28 juta ton hingga akhir tahun 2013.

"Kami menargetkan pertumbuhan serupa berlanjut hingga akhir tahun ini. Untuk itu, kami akan melakukan konsolidasi dengan memanfaatkan kapasitas terpasang pabrik di Thanglong," Ujar Ahyanizzaman seperti dikutip dari Investor Daily (10/1).

Dirut Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, berlanjutnya pertumbuhan kinerja keuangan akan didukung atas keberhasilan perseroan merampungkan beberapa proyek strategis tahun lalu seperti pembangunan pabrik penggilingan bertekhnologi vertical cemen mill di Tuban.

Dwi sebelumnya mengatakan, Semen Indonesia aan tetap ekspansif hingga 2014 dengan menyiapkan total belanja modal (capex) sebesar Rp 6 triliun. Capex tersebut termasuk dana ekspansi ke luar negeri. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan pabrik baru di Rembang dan Padang dengan nilai investasi berkisar Rp 2-3 triliun. Semen Indonesia juga menganggarkan Rp 500 Miliar hingga Rp 1 triliun untuk dua pabrik pengepakan dan Rp 500 miliar untuk memperbaiki jaringan distribusi dan transportasi.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...