BI: Inflasi Januari Dekati 1 Persen

Image title
Oleh
24 Januari 2014, 00:00
2674.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Inflasi Januari diperkirakan mendekati 1 persen akibat banjir yang melanda di beberapa daerah di Indonesia. Bank Indonesia memperkirakan inflasi Januari sebesar 0,85 persen.

"Mungkin inflasi pada Januari bisa sekitar 0,85 persen sampai mendekati 1 persen," ujar Deputi Gubernur BI di Bank Indonesia, Jumat, 24 Januari 2014.

Mirza mengatakan adanya banjir membuat harga pangan meningkat. Distribusi makanan pokok ke beberapa wilayah juga sulit, terutama wilayah yang mengalami banjir cukup besar.

Jika bencana alam ini berlangsung dalam waktu lama, lanjut dia, hal ini perlu diwaspadai. "Kalau pola Januari musimannya memang seperti itu. Mungkin perlu di cermati, mungkin lebih kepada APBN-P dampaknya, kan beberapa kali Menteri Keuangan sudah menyebut tentang kemungkinan efek tersebut," jelasnya.

BI sendiri tahun ini menargetkan inflasi sebesar 4,5 plus minus 1 persen. Pola musim hujan ini sudah masuk dalam hitungan BI, "Tapi tinggai apakah ini lebih tinggi dari biasanya atau tidak," tuturnya.

Prediksi Bank Indonesia sejalan dengan Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro yang memperkirakan mendekati 1 persen. "Yang penting kita jaga pasokan pangan agar inflasi tidak seperti tahun lalu," ujar Bambang di Kementerian Keuangan, Jumat, 24 Januari 2014.

Tahun lalu, inflasi Januari mencapai 1,03 persen atau cukup tinggi akibat banjir. Pada tahun sebelumnya yaitu 2010, 2011, 2012 inflasi di kisaran 0,8 persen yaitu berturut-turut 0,84 persen, 0,89 persen, 0,76 persen.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...