Faisal Basri: JK Tahu Kondisi Century

Image title
Oleh
20 Februari 2014, 00:00
bank-century-ist1.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
koranbogor.com

KATADATA ? Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri mengatakan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah mengetahui kondisi keuangan Bank Century sebelum bank tersebut dinyatakan gagal. Menurutnya, pria yang akrab dipanggil JK itu sudah mendapatkan laporan tentang kondisi bank sepekan sebelum bank itu di­-bailout.

Selama ini JK mengklaim baru mengetahui kondisi Bank Century pada 25 November 2008 setelah mendapatkan laporan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Boediono. Padahal, menurut Faisal, JK pernah memimpin rapat di Istana Wakil Presiden pada 13 November 2008.

?Jadi (JK) tahu, karena waktu itu salah satu topik yang dibahas adalah Century,? kata dia yang ditemui Katadata di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (19/2).

Di dalam blog-nya, Faisal mengungkapkan topik rapat hari itu membahas tentang ?Dampak Krisis Keuangan Global dalam Pelaksanaan APBN 2009 dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian Nasional?. Adapun pembahasan mengenai Bank Century terkait adanya isu ?rush? yang melanda bank milik Robert Tantular tersebut akibat kalah kliring pada pagi harinya.

Para peserta rapat sebetulnya menilai kalah kliring sebagai hal yang biasa terjadi di sektor perbankan. Namun persoalan ini menjadi serius, dan perlu dibawa ke meja rapat karena kejadiannya bersamaan dengan situasi krisis. ?Karena kejadiannya bersamaan dengan situasi krisis, menimbulkan suasana dan nuansa yang berbeda,? sebut notulensi rapat yang dikutip Faisal dalam blog-nya.

Berdasarkan notulensi, kata Faisal, Jusuf Kalla meminta pihak-pihak terkait segera menyelesaikan persoalan Bank Century secepatnya. Apalagi akibat kalah kliring, Bank Century disuspensi oleh Bursa Efek yang berdampak pada isu ?rush?.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira, Nina Rahayu
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...