Semen Indonesia Dibayangi Kinerja yang Melambat

Image title
Oleh
25 Februari 2014, 00:00
2928.jpg
KATADATA | Donang Wahyu
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? PT Semen Indonesia Tbk merupakan salah satu emiten dengan kinerja yang cemerlang di Bursa Efek Indonesia menurut versi analis. Ini terlihat dari kinerja laba per saham (earning per share/ EPS) emiten berkode SMGR itu yang mampu memenuhi estimasi analis dalam delapan tahun berturut-turut.

Konsensus dari 17 analis memprediksi harga saham Semen Indonesia pada 12 bulan mendatang berada pada kisaran Rp 15.609 per saham. Ini menyebabkan ruang untuk mencetak keuntungan dari saham ini semakin sempit.

Advertisement

Pada perdagangan Senin (24/2), harga saham emiten berkode SMGR tersebut berada di level Rp 14.900 per saham. Ini berarti ruang investor untuk memperoleh keuntungan tinggal 709 poin atau sekitar 5 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Bloomberg dalam tiga bulan terakhir, mayoritas analis masih menyarankan untuk membeli saham ini. Namun, ada juga yang mengubah prediksinya dari membeli menjadi menahan untuk tidak melakukan apa-apa (hold) terhadap saham ini. Perubahan estimasi ini dilatarbelakangi perlambatan kinerja perseroan yang terjadi sejak pertengahan tahun lalu. 

(Baca: Margin Laba Semen Indonesia Terendah Sejak 2009)

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement