Saham Konstruksi dan Semen Terpengaruh Jokowi

Image title
Oleh
18 Maret 2014, 00:00
3100.jpg
KATADATA | Donang Wahyu
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Kinerja saham emiten-emiten di sektor konstruksi dan bahan bangunan mencapai level tertinggi sejak awal 2014. Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi dinilai menjadi pencetus sentimen kenaikan harga saham emiten-emiten tersebut.  

Kinerja empat emiten semen misalnya, setelah pengumuman Jokowi sebagai calon presiden pada Jumat pekan lalu, harga saham-sahamnya meningkat antara 9,3-16,2 persen. Adapun turunnya harga saham emiten-emiten ini pada perdagangan Selasa (18/3) tidak menghilangkan keuntungan yang telah diperoleh investor.  

Harga saham PT Semen Indonesia Tbk misalnya, sempat mencapai Rp 16.500 per saham pada Senin (17/3), naik 9,3 persen dibandingkan sehari sebelum Jokowi diumumkan.  Sejak awal tahun, rata-rata harga saham emiten berkode SMGR ini sebesar Rp 14.864 per saham.  

Kondisi serupa juga terjadi pada saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yang membukukan harga Rp 24.500 per saham atau naik 10,4 persen pada Senin (17/3). Ini merupakan rekor tertinggi sejak awal tahun, di mana harga rata-ratanya senilai Rp 21.806 per saham.  

Sementara dua emiten lainnya, yakni PT Holcim Indonesia Tbk dan PT Semen Baturaja Tbk, masing-masing tercatat mengalami kenaikan 7,3 persen dan 16,2 persen pada Senin (17/3) dibandingkan sehari sebelum pengumuman pencalonan Jokowi.  

Pada perdagangan Selasa (18/3), harga saham keempat emiten ini tercatat mengalami penurunan. Semen Indonesia turun 2,6 persen, Indocement turun 2 persen, Holcim turun 1 persen, dan Semen Baturaja turun 4 persen. Meski begitu penurunan tersebut tidak menghilangkan keuntungan yang diperoleh sejak akhir pekan lalu.  

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...