Antisipasi PPnBM Ponsel, Erajaya Bangun Pabrik

Image title
Oleh
26 Mei 2014, 16:27
20140526-08.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) berencana membangun pabrik telepon seluler (ponsel). Nantinya pabrik tersebut akan memproduksi ponsel merek Venera, yang merupakan brand milik Erajaya.

Wakil Direktur Utama Erajaya Hasan Aula mengatakan pembangunan pabrik tersebut untuk mengantisipasi keputusan pemerintah mengenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) produk ponsel. Penerapan PPNBM dikhawatirkan dapat meningkatkan perdagangan produk impor ilegal (black market).

Advertisement

?Suatu industri akan hidup kalau ada kompetitif. Artinya harganya tidak lebih mahal daripada yang diimpor, kalau lebih mahal akan lebih sulit,? kata Hasan seusai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Senin (26/5).

?Jadi kami mau nggak mau harus lebih proaktif dengan kami punya brand sendiri.?

Dia mengungkapkan saat ini sudah ada dua perusahaan yang siap bekerja sama untuk membangun pabrik tersebut yang ditargetkan selesai tahun depan. ?Sudah ada partner yang mau kerja sama. Dimulai dari assembly line (lini perakitan) ada 1-2 perusahaan. Semua produknya kita harapankan Venera,? tuturnya.

Adapun untuk lokasi pabrik akan berada di kawasan Palem, Cengkareng, Jakarta Barat. Namun dia menolak menjelaskan nilai investasi pembangunan pabrik. ?Di sana juga ada gudang pusat sentra kami,? jelasnya. ?Sekarang masih dalam tahap feasibility studies.?

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement