Visi Misi Capres Perlu Dievaluasi

Image title
Oleh
3 Juni 2014, 15:41
Lin Che Wei_1.jpg
KATADATA/ Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Masyarakat perlu melakukan evaluasi secara berimbang terhadap visi dan misi masing-masing kandidat presiden. Hal ini agar jika nantinya memerintah dapat memenuhi janji-janjinya tersebut.

?Kalau dulu kan  ada Garis Besar Haluan Negara (GBHN), sehingga kita bisa lihat apakah visi misi itu dijalankan atau tidak. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi secara fair,? kata pendiri Independent Research Advisory Indonesia (IRAI) Lin Che Wei di Jakarta, Selasa (3/6).

Advertisement

Menurutnya, program yang disampaikan masing-masing kandidat, baik Prabowo Subianto maupun Joko Widodo (Jokowi) hanya sekadar labelisasi politik (political labelling). Masing-masing dinilai lebih banyak melakukan manuver untuk menampilkan diri sebagai sosok perubahan. ?Yang penting asal berbeda saja," tuturnya.

Bahkan, kata Lin Che Wei, ada program yang sulit direalisasikan serta hanya meniru dari program pemerintahan di negara lain.  "Seperti program Rp 1 Milliar per desa. Itu meniru program mantan Perdana Menteri Thailand. Juga merupakan program yang sudah ada dari pemerintah yang sudah ada saat ini," jelasnya.

Di sinilah, kata dia, pentingnya evaluasi atas program-program yang dijalankan pemerintah. Alhasil jika ada program yang baik dapat dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya. Dia mencontohkan praktik yang terjadi di Korea Selatan yang memiliki lembaga Korean Development Institute yang mengkaji program-program yang dinilai perlu dilanjutkan.

Hasil evaluasi tersebut kemudian dapat menjadi patokan bagi masing-masing kandidat dalam menyusun visi dan misinya. Hal ini sekaligus menjadi pengajaran bagi masyarakat untuk lebih kritis terhadap janji yang disampaikan oleh masing-masing calon presiden (capres).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement