BTPN akan Digabung dengan Bank Sumitomo Mitsui

Image title
Oleh
12 Juni 2014, 10:45
KATADATA | Agung Samosir
KATADATA | Agung Samosir
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? 

Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) akan menggabungkan (konsolidasi) PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia dan PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk (BTPN). Meski begitu, model bisnis BTPN yang saat ini fokus pada segmen mass market tidak akan diubah.

Wakil Direktur Utama BTPN Ongki Wanadjati Dana mengatakan, rencana konsolidasi sepenuhnya merupakan domain dari pemegang saham dan otoritas. Namun, Ongki memastikan rencana tersebut tidak akan mengubah model bisnis BTPN.

?Sejak SMBC diizinkan menjadi pemegang saham pengendali, memang salah satu syarat yang diminta OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah agar bank tidak mengubah visi misi, atau biisnis pada segmen mass market,? kata dia seperti dikutip Investor Daily, Kamis (12/6).

Kepala eksekutif Bidang Pengawasan Perbankan OJK Nelson Tampubolon menuturkan, kendati SMBC belum menyampaikan target waktu konsolidasi tersebut, pihaknya meminta agar konsolidasi kedua bank tersebut dapat mulai direncanakan dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun depan. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...