Di Depan Investor, Prabowo Nyatakan Tidak Anti Asing

Image title
Oleh
20 Juni 2014, 15:57
Prabowo Debat Capres
Arief Kamaludin | Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Prabowo Subianto, kandidat presiden nomor urut satu, menyatakan dirinya tidak anti terhadap modal asing. Namun, dia mengakui, jika dirinya ingin mendorong perekonomian Indonesia tumbuh dengan kemampuannya sendiri. 

?Kita harus punya nasionalisme, harga diri bangsa,? katanya saat berbicara di depan komunitas pasar modal di Jakarta, Jumat (20/6).

Advertisement

?Tapi nasionalisme yang baik. Punya harga diri, tapi tidak benci dan curiga terhadap bangsa asing.?

Di depan para pelaku di pasar modal tersebut, Prabowo membayangkan, Indonesia sebagai sebuah korporasi besar, Indonesia Incorporated. Di mana perusahaan-perusahaan Indonesia dapat bersaing dengan raksasa-raksasa dunia.

Pada dasarnya, kata Prabowo, dia menginginkan tumbuhnya industri manufaktur yang dikerjakan oleh bangsa Indonesia. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat dikerahkan ke sektor-sektor yang belum dimasuki pihak swasta.

?Tapi mereka yang masih ketinggalan, harus kita angkat mereka supaya mereka ikut dalam Indonesia Incorporated. Itu grand design kami,? tuturnya.  

Dia juga menanggapi kekhawatiran investor asing jika dirinya terpilih sebagai presiden hanya sekadar gertakan. Menurutnya, dengan pertumbuhan ekonomi  serta pemerintahan yang baik, dengan sendirinya akan menarik investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

?Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, masak nggak ada yang mau menikmati. Kita negara besar dan kekuatan ekonominya juga besar, ini hanya masalah manajemen,? ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement