BRI, Artha Graha, Hong Leong Bank Berebut Beli Bank Mutiara

Image title
Oleh
3 Juli 2014, 15:14
BANK MUTIARA
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  Calon pembeli Bank Mutiara telah mengikuti proses uji tuntas (due dilligence). Menurut sumber Katadata, tiga investor di antaranya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), konsorsium Artha Graha, dan bank asal Malaysia Hong Leong Bank disebut bersaing merebut eks Bank Century itu.

BRI sendiri telah menyiapkan dana Rp 3 triliun untuk membeli Bank Mutiara. Menurut Direktur Utama BRI Sofyan Basyir, BRI tertarik membeli Bank Mutiara jika harganya murah. 

Tujuh investor yang mengikuti uji tuntas itu berasal dari dua investor lokal dan lima investor asing. Lima investor asing itu terdiri dari lembaga keuangan asal Hong Kong (2), Singapura (1), Jepang (1), dan Malaysia (1). 

Sekretaris Perusahaan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Samsu Adi Nugroho ketika dikonfirmasi enggan menyebutkan nama-nama calon investor tersebut. Dia beralasan menyangkut kerahasiaan investor. "Ini juga atas permintaan investor, sehingga saya tidak bisa mengkonfirmasi nama-nama tersebut," ujarnya kepada Katadata, Kamis 3 Juli 2014.

Samsu hanya menjelaskan proses uji tuntas yang dimulai pada 23 Juni itu akan berakhir pada 25 Juli 2014. Dari tujuh calon investor tersebut, satu investor tidak mengikuti proses uji tuntas, namun tidak menyatakan mengundurkan diri. Dengan demikian, total terdapat enam investor yang mengikuti peroses uji tuntas.

Halaman:
Reporter: Nur Farida Ahniar
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...