Ini Sembilan Program Nyata Jokowi-JK

Image title
Oleh
3 Juli 2014, 15:42
Jokowi & JK KATADATA | Arief Kamaludin
Jokowi & JK KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla menjanjikan sembilan program kesejahteraan rakyat yang akan direalisasikan selama pemerintahan mereka.

"Jika kami terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, kami berkomitmen untuk menjalankan program-program yang nyata," ujar Jokowi, di Bandung, Kamis (3/7).

Sembilan program yang dijanjikan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan profesionalisme, menaikkan gaji, dan kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri secara bertahap selama lima tahun. Program remunerasi PNS akan dituntaskan di tingkat pusat dan diperluas sampai ke level daerah.

Advertisement

2. Menyejahterakan desa dengan mengalokasikan dana rata-rata Rp 1,4 miliar untuk setiap desa, dalam bentuk program bantuan khusus. Serta mengangkat perangkat desa menjadi PNS secara bertahap.

3. Meningkatkan anggaran penanggulangan kemiskinan, termasuk memberi subsidi Rp 1 juta setiap bulannya untuk keluarga pra sejahtera, sepanjang pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen.

4. Program kepemilikan tanah pertanian untuk 4,5 juta kepala keluarga. Pembangunan dan perbaikan irigasi di 3 juta hektare sawah. Pembangunan 25 bendungan, 1 juta hektare lahan pertanian baru di luar Jawa. Pendirian Bank Petani dan UMKM serta penguatan BULOG.

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement