Volatilitas Rupiah Tidak Pengaruhi Investasi Langsung

Image title
Oleh
4 Juli 2014, 12:07
www.kbn_.co_.id_.jpg
KATADATA/
www.kbn.co.id

KATADATA ? Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengatakan pelemahan nilai tukar Rupiah belum secara signifikan mempengaruhi investasi langsung. Sebab, saat ini kondisi makro ekonomi Indonesia sudah menunjukan perbaikannya.

"Tampaknya (dampak rupiah) belum tercermin dalam angka dan realisasi atau komitmen atau persetujuan. Tidak kelihatan ada perkembangan yang negatif akibat katakanlah nilai tukar dan inflasi yang sudah baik," tuturnya, di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Jum'at (4/7).

Advertisement

Menurutnya, penanaman modal langsung lebih didorong dari perkiraan jangka menengah bukan volatilas hari ke hari. Berbeda dengan investasi portofolio, seperti saham, yang investornya sangat mencermati pergerakan nilai tukar.

Dia menjelaskan, hampir semua investor yang ditemui belakangan ini, tidak ada yang menyinggung mengenai penundaan investasi.  "Paling (sektor) konstruksi karena saat ini puasa yaa."

Mahendra mencontohkan, saat ini ada perusahaan yang sedang membangun lini produksi baru untuk material pembuatan ban berteknologi tinggi. Investasi dari perusahaan besar seperti Unilever pun dilakukan sesuai jadwal.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement