Ngotot Menangkan Prabowo, Saham MNC dan Viva Anjlok

Image title
Oleh
10 Juli 2014, 12:12
mnc
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Harga saham media pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa terjun bebas. Padahal, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan yang signifikan. Salah satu yang disoroti dalam pemberitaan di kedua media tersebut diduga terkait dengan pemberitaan hasil perhitungan cepat (quick count) pilpres kemarin. Kedua media tersebut menggunakan lembaga survei yang diduga tidak kredibel. 

Dua media itu adalah PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) yang merupakan kelompok media milik Hary Tanoesoedibjo yang mencakup RCTI, Global TV, MNC TV, Okezone, dan Koran Sindo. Kemudian PT Visi Media Asia Tbk (Viva), sebagai induk perusahaan TVOne, ANTV, dan Vivanews.

Advertisement

Penurunan harga tersebut diperkirakan akibat efek pemberitaan selama kampanye pemilihan presiden (pilpres). ?Pengaruh pemberitaan. Orang kan khawatir ke depan prospek tidak bagus karena dukungan terhadap Prabowo,? kata Satrio Utomo, Kepala Riset Universal Broker Indonesia, saat dihubungi Katadata, Kamis (10/7).

Menurut dia, investor khawatir akan kinerja saham kedua emiten tersebut. ?Kalau media kan bisnis kepercayaan,? kata dia.

Pada penutupan perdagangan sesi pagi, saham MNC tercatat turun 3,8 persen ke posisi Rp 2.630 per saham. Begitupula dengan saham Viva yang tercatat turun 4,85 persen ke Rp 255 per saham. 

Di sisi lain, IHSG pada penutupan perdagangan sesi pagi tercatat mengalami kenaikan 102,5 poin atau 2,04 persen ke 5.127,21 poin. 

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement