Euforia Jokowi, IHSG Tembus 5.100

Image title
Oleh
10 Juli 2014, 11:08
bursa-saham-indonesia-2.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Hasil perhitungan cepat (quick count) pemilihan presiden (pilpres) yang memenangkan pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla mendorong kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Masih dipengaruhi euforia pilpres, dari quick count juga sudah terlihat siapa yang unggul," kata Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada saat dihubungi Katadata, Kamis (10/7).

Muhamad Alfatih, analis Samuel Sekuritas, mengatakan hasil perhitungan cepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja IHSG saat ini. ?Faktor yang cukup besar pengaruhnya karena masalah kepemimpinan sangat diperhatikan di pasar modal,? katanya saat dihubungi Katadata, Kamis (10/7).

Apalagi, kata dia, secara historis indeks selalu menguat begitu selesai pilpres karena pasar berekspektasi terjadi perubahan. Meski begitu, dia menilai, hal ini masih rawan karena kedua kandidat saling mengklaim kemenangannya.

Selain faktor pilpres, dia menambahkan, penguatan indeks pagi ini juga disebabkan sentimen regional. Apalagi, data-data ekonomi Indonesia pun menunjukkan perbaikan, seperti kenaikan cadangan devisa Juni 2014 menjadi US$ 107,7 milliar, serta neraca perdagangan Mei yang kembali surplus.  

Halaman:
Reporter: Rikawati, Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...