Investor Disarankan Tidak Larut dalam Euforia IHSG

Image title
Oleh
10 Juli 2014, 11:48
pasar-saham.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Investor disarankan tidak terlalu larut dalam kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terjadi beberapa hari terakhir. Persoalannya, meski pemilihan presiden (pilpres) sudah berakhir tapi masih menimbulkan risiko.

?Karena keduanya mengklaim kemenangan. Jadi ada potensi konflik,? kata Satrio Utomo, Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia, saat dihubungi Katadata, Kamis (10/7).

Advertisement

Dia menyarankan, investor untuk melakukan ambil untung ketimbang membeli. ?Risikonya masih tinggi,? tuturnya.

Satrio memprediksi, kenaikan IHSG hanya akan berlangsung 1-2 hari. ?Sejauh ini kan hanya euforia, jadi tidak akan lama.?

Hal yang sama juga disampaikan Muhamad Alfatih, analis PT Samuel Sekuritas. Dia memperkirakan indeks akan mengalami koreksi lantaran investor melakukan aksi ambil untung. ?Ini hal yang lumrah dalam setiap kenaikan harga saham,? kata dia.

Dia menyarankan agar investor mengoleksi saham-saham blue chip. Saham-saham ini dinilai lebih kuat menghadapi gejolak.

Sementara itu, Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities, mengatakan kenaikan indeks pagi ini perlu diwaspadai karena bukan disebabkan oleh faktor fundamental perekonomian Indonesia. "Masih dipengaruhi euforia pilpres,dari quick count juga sudah terlihat siapa yang unggul," ujarnya.

Ke depan, indeks akan sangat tergantung pada kondisi fundamental perekonomian Indonesia. Dalam padangannya, meski dari sisi fundamental menunjukkan perbaikan, tetapi perlu diwaspadai perlambatan ekonomi negara lain yang juga berdampak pada ekonomi Indonesia.  

"Nanti sore kita lihat bagaimana pandangan BI (Bank Indonesia) dalam rapat dewan gubernur," tuturnya.

Reporter: Rikawati, Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement