Setelah Anjlok di Level Rp 12 Ribu, Rupiah Berbalik Menguat

Image title
Oleh
10 Juli 2014, 14:21
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  Rupiah kembali menguat pasca usainya pemilihan presiden 9 Juli kemarin. Kemenangan pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla (JK) versi hitungan cepat (quick count) menjadi pendorong menguatnya rupiah.

Rupiah di pasar spot siang ini menguat 70 poin di level Rp 11.556 per dolar AS dibanding penutupan terakhir yaitu Rp 11.636. Posisi rupiah saat ini sama dengan posisi tujuh minggu yang lalu atau sekitar tanggal 22 Mei 2014. Penguatan hari ini sebesar 0,61 persen itu paling tinggi di kawasan Asia dibanding negara kawasan tetangga seperti rupee India yang menguat 0,13 persen, dolar Taiwan menguat 0,11 persen.

Advertisement

Menjelang pemilihan presiden, sepekan ini rupiah menguat 3,13 persen dan menguat 2,76 persen. Penguatan ini juga menjadi mata uang dengan penguatan tertinggi di Asia setelah investor sempat cemas akan tipisnya persaingan kedua kandidat calon presiden. Penguatan rupiah mulai terjadi sejak sepekan menjelang pemilu, setelah sebelumnya berada di level 12.000.  (Baca: Jokowi Bisa Kalah, Rupiah Kian Terpuruk)

Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih mengatakan penguatan rupiah pagi ini dipengaruhi hasil hitung cepat (quick count) mayoritas lembaga survey, yang menempatkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Pasangan nomor urut dua kan menang, artinya mereka (investor) melihat hal ini sesuai harapan," ujarnya saat dihubungi Katadata, Jakarta, Kamis (10/7).

Dia memprediksi dalam jangka pendek penguatan nilai tukar rupiah ada dikisaran Rp 11.550-11.600. Namun menurutnya penguatan ini hanya berlangsung sementara karena ketidakpastian masih akan terus berlanjut. Sebab ketatnya hasil hitung cepat membuat keduanya saling klaim memperoleh kemenangan.

"Nanti ada satu level yang ditunggu yaitu pengumuman resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum) 22 Juli mendatang," katanya.

Halaman:
Reporter: Rikawati, Nur Farida Ahniar
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement