Ancaman Terhadap Newmont Semakin Keras

Image title
Oleh
17 Juli 2014, 13:53
newmont-nusa-tenggara.jpg
KATADATA/
www.ptnnt.co.id

KATADATA ? PT Newmont Nusa Tenggara harus menghadapi konsekuensi yang diberikan pemerintah, jika gugatan arbitrasenya tetap dilakukan. Konsekuensinya, pemerintah mengancam akan menghentikan proses renegosiasi kontrak.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengatakan pihaknya sudah memberitahukan perihal ancaman ini kepada Newmont. Namun pihak Newmont belum bisa menjawabnya, dan meminta perpanjangan waktu 2-3 hari.

?Saya bilang ke Pak Martiono (Presiden Direktur Newmont Nusa Tenggara), tolong dicabut secepatnya. Nanti kami akan ketemu,? ujar Susilo di kantor kemenerian ESDM, Jakarta, Kamis (17/7).

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan selama proses arbitrase, renegosiasi memang sudah dihentikan. Padahal, proses renegosiasi tersebut sudah hampir mencapai kesepakatan.

Dari enam poin renegosiasi, tinggal hanya besaran royalti 3,75 persen yang belum disepakati Newmont. Tetapi secara tiba-tiba Newmont langsung memasukkan gugatan ke arbitrase. "Pemerintah gak mau lanjut negosiasi, jadi Newmont harus cabut dulu (arbitrase)," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...