Pemerintah dan BI Waspadai Risiko Eksternal

Image title
Oleh
18 Juli 2014, 11:57
chatib basri.jpg
KATADATA/ Donang Wahyu
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) mewaspadai tekanan eksternal seperti penurunan harga komoditas, perlambatan ekonomi China dan kebijakan The Fed. Pertumbuhan ekonomi China diperkirakan mencapai 7,5 persen lebih lambat dari tahun-tahun sebelumnya yang  mencapai 10 persen. 

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan beberapa hal yang menjadi perhatian diantaranya defisit transaksi berjalan pada kuartal II/2014 yang diperkirakan mencapai US$ 9 miliar, atau lebih rendah dibanding tahun lalu sebesar US$ 10 miliar. "Biasanya trennya naik di kuartal II, dan akan lebih rendah lagi di kuartal IV," ujarnya di kantornya, Jakarta (17/6).

Akhir tahun ini defisit transaksi berjalan diperkirakan mencapai US$ 27 miliar. Angka ini lebih rendah dibanding tahun lalu mencapai US$ 29 miliar. Chatib menghindar ketika ditanya angka tersebut berapa persen dari produk domestik bruto (PDB) dengan dalih hal itu bergantung pada nilai tukar rupiah. Namun diperkirakan defisit transaksi berjalan 2014 berkisar dari 3 persen PDB. 

Sedangkan terkait penurunan defisit transaksi berjalan, ia optimis impor BBM akan turun karena kuota subsidi bahan bakar minyak (BBM) sudah dikunci tak boleh melebihi 36 juta kilo liter. Chatib juga mengatakan target lifting sesuai dengan asumsi APBN yaitu 818 barel per hari bisa tercapai. "Itu saya kira akan dapat karena blok Cepu kan sudah mulai akan ada produksi," katanya.

Selain itu pemerintah dan BI juga mewaspadai utang luar negeri pemerintah dan swasta yang mencapai US$ 283,7 miliar per Mei 2014. Angka tersebut naik 9,7 persen, terutama utang luar negeri swasta naik lebih tinggi, 15,2 persen menjadi US$ 151,5 miliar.

Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...