Rupiah Kian Perkasa Menjelang Pengumuman KPU

Image title
Oleh
21 Juli 2014, 12:53
No image
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Dalam sepekan, kurs rupiah terus menunjukkan keperkasaannya terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di tengah spekulasi pasca-pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU). Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi diperkirakan memenangkan pemilihan presiden (pilpres).

Pada penutupan perdagangan sesi pagi, Senin (21/7), kurs rupiah ditutup di posisi Rp 11.564 per dolar AS. Nilai rupiah ini menguat 51 poin atau 0,44 persen dibandingkan kurs pada akhir pekan lalu sebesar Rp 11.615 per dolar AS.

Menurut Saktiandi Supaat, Head of Research Foreign Exchange Maybank, penguatan rupiah karena investor masih memposisikan kemenangan Jokowi dalam pengumuman KPU besok. Hal ini terlihat dari aliran dana asing yang mencapai US$ 215,1 juta sepajang pekan lalu.

Dia memperkirakan, rupiah akan tambah kuat jika Prabowo Subianto, pesaing Jokowi dalam pilpres, menerima hasil rekapitulasi KPU. Namun jika mantan Danjen Kopassus tersebut menolak hasil pilpres, diperkirakan meningkatkan ketidakpastian politik setidaknya dalam sebulan ke depan. ?Rupiah kemungkinan akan melemah,? katanya dalam riset yang dirilis hari ini.

Menjelang pengumuman KPU, rupiah diperkirakan berada di kisaran Rp 11.500-Rp11.750 per dolar AS. Jika Jokowi dinyatakan sebagai pemenang, hal ini akan memberikan dampak positif sehingga rupiah bisa berada di level Rp 11.300 per dolar AS. ?Kalau terjadi perselisihan atas hasil pilpres, rupiah bisa kembali ke Rp 12.000 per dolar,? tuturnya.

Sementara itu, sejumlah politisi pendukung Prabowo Subianto, sudah mengucapkan selamat kepada Jokowi. Hanafi Rais, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga putra dari tokoh PAN Amien Rais telah telah memberikan pernyataan atas kemenangan Jokowi.

Hatta Rajasa, calon Wakil Presiden yang berpasangan dengan Prabowo pun telah menyatakan bahwa kekalahan atau kemenangan dalam pilpres adalah hal biasa. Karena itu dia menyatakan akan mendukung siapa pun presiden yang terpilih.

Sementara Wakil Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa menyatakan akan menerima hasil rekapitulasi KPU. PPP, kata dia, akan mendukung pemerintahan Jokowi.

Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...