Raden Priyono dan Ari Soemarno Disebut Calon Kuat Menteri ESDM

Penulis:

Editor:

Kamis 7/8/2014, 17.49 WIB

Raden Priyono diusulkan oleh Hendropriyono sedangkan Ari Soemarno difavoritkan JK

ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Sejumlah nama diusulkan untuk menempati posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Berdasarkan informasi yang diterima Katadata, dua nama yang disebut-sebut sebagai calon kuat menduduki posisi yang sekarang dipegang oleh Jero Wacik tersebut adalah Raden Priyono dan Ari Soemarno. 

Raden Priyono adalah mantan Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) sejak 2008 hingga dibubarkan pada 2012. Sedangkan Ari Soemarno adalah mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) periode 2006-2009 dalam pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono jilid I. 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Menurut sumber Katadata, Raden Priyono diusulkan oleh anggota Tim Pemenangan Jokowi, yakni mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono. Sedangkan Ari Soemarno difavoritkan oleh Jusuf Kalla. 

Deputi Pengendalian Komersial SKK Migas Widhyawan Prawiraatmadja, yang pernah menjadi anak buah Raden Priyono di BP Migas, mengatakan Kementerian ESDM memang memerlukan sosok yang berasal dari kalangan profesional, terutama yang pengalamannya sudah terbukti.  

"Kamu lihat sendirilah. Memang dia pernah menjabat Kepala BP Migas, dan itu sudah pada level yang tinggi," tuturnya menanggapi disebut-sebutnya Priyono sebagai salah satu kandidat. Ia pun dikenal memiliki kedekatan dengan para politisi di DPR, khususnya dari Partai Golkar. 

Selain Priyono, Ari Soemarno juga dikenal memiliki rekam jejak yang panjang di industri migas. Ia merupakan pejabat karier di Pertamina hingga akhirnya menduduki posisi puncak sebagai Direktur Utama di masa pemerintahan SBY-JK. Kedekatan Ari dengan Jusuf Kalla terjadi khususnya saat keduanya terlibat dalam program nasional konversi minyak tanah ke elpiji.

Pria bernama lengkap Ari Hernanto Soemarno ini tak lain adalah  kakak kandung dari Rini Mariani Soemarno yang kini menjabat Ketua Tim Transisi Jokowi. Rini juga merupakan orang dekat Megawati dan pernah menjadi Menteri Perdagangan di era pemerintahan Ketua Umum PDI-Perjuangan ini.

(Baca: Bentuk Kabinet, Jokowi Resmikan Kantor Transisi)

Ketika ditanya soal calon isi kabinet Jokowi, Ari Soemarno menolak memberikan komentar. "Mau dipancing (pertanyaan) apa pun, saya tetap tidak mau berkomentar tentang itu," ujarnya.

Reporter: Desy Setyowati dan Safrezi Fitra