Sarat Pengalaman, Lukman Mahfoedz Dianggap Layak Jabat Menteri ESDM

Image title
Oleh
11 Agustus 2014, 18:26
kementerian esdm
KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla saat ini tengah menggodok nama-nama calon menteri yang akan masuk dalam administrasinya. Salah satu kementerian yang disiapkan untuk diisi kalangan profesional adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelumnya disebutkan mantan Kepala BP Migas R Priyono dan mantan Direktur Utama Pertamina Ari H Soemarno sebagai calon menteri ESDM. R Priyono dianggap sebagai unsur birokrat yang memahami seluk beluk industri minyak dan gas (migas) di Indonesia. Sementara Ari Soemarno dinilai mewakili unsur profesional.

(Baca: Raden Priyono dan Ari Soemarno Disebut Calon Kuat Menteri ESDM)

Katadata mencoba menjaring sejumlah nama lain yang dinilai layak untuk menempati posisi ini. Salah satunya adalah Lukman Ahmad Mahfoedz yang saat ini menjabat Presiden Direktur & CEO PT  Medco Energi Internasional Tbk. Lulusan Institut Teknologi Surabaya dengan gelar Insinyur Teknik Mesin pada 1980 telah berkarir lebih dari 30 tahun di berbagai perusahaan di sektor industri migas.

Di Medco, karirnya dimulai sejak 2005 sebagai Direktur Utama PT Medco E&P Indonesia, dan pada 2008 mulai aktif di MedcoEnergi sebagai Corporate Project Director, posisi yang dijabat hingga diangkat menjadi Direktur Utama pada Mei 2011.

Saat ini Mahfoedz juga menjabat sebagai Presiden Indonesia President Association (IPA), asosiasi yang beranggotakan perusahaan-perusahaan migas di Indonesia. Pengalamannya di bidang energi ini dinilai cukup untuk memimpin Kementerian ESDM.

?Beliau ini seorang profesional yang baik. Pengalaman memimpin asosiasi dan perusahaan energi besar seperti IPA dan Medco merupakan sebuah rekam jejak yang bukan gampang,? tutur peneliti Research Institute for Mining and Energy Economics (ReforMiner Institute) Komaidi kepada Katadata, Sabtu (9/8).

Menurut Komaidi, kepemimpinan Kementerian ESDM selama ini merupakan sebuah posisi yang cukup strategis. Alhasil, dari periode ke periode jabatan tersebut selalu diisi figur yang terafiliasi dengan partai politik yang berkuasa atau ?dekat? dengan pemerintah.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...