Dirut Pertamina Sudah Sampaikan Pengunduran Diri ke Komisaris

Image title
Oleh
18 Agustus 2014, 17:22
Karen Agustiawan KATADATA|Agung Samosir
Karen Agustiawan KATADATA|Agung Samosir
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ?  PT Pertamina membenarkan kabar pengunduran diri Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan. Pengunduran diri Karen telah disampaikan kepada seluruh komisaris perusahaan sejak 13 Agustus lalu.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menjelaskan setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa menerima pengunduran diri, Dewan Komisaris Pertamina akan segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama yang berasal dari direksi lain yang saat ini tengah menjabat. "Plt akan pnya kewenangan penuh seperti direktur utama yang definitif," ujarnya di kantor Pertamina, Senin 18 Agustus 2014.

Advertisement

Ia menyatakan pengunduran diri Karen disebabkan alasan pribadi. Ali mengakui sejak periode kepemimpinan lama Karen berakhir, ia telah menyampaikan keinginannya untuk menyudahi jabatannya di Pertamina. Ia membantah pengunduran diri Karen ini terkait dengan urusan politik.
"Saya tegaskan tidak ada (kaitan dengan politik). Proses ini sudah lama, sejak tahun lalu," ujar Ali.

Hingga 1 Oktober 2014, wanita yang membawahi Pertamina masuk dalam 500 besar perusahaan terkemuka di dunia itu akan tetap menjalankan tugasnya sebagai Direktur Utama Pertamina. Karen menjabat sebagai Dirut Pertamina selama enam tahun, sejak 5 Maret 2008. 

Menurut Mundakir pengunduran diri Karen tidak memberikan pengaruh terhadap Pertamina mengingat kinerja perseroan sudah rapi dan roadmap program Pertamina memiliki sistem kerja yang kuat. "Jadi siapapun yang memimpin akan bisa," tambah Ali.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement